Ceritakan Pengalaman Menghargai Pendapat Orang Lain Saat Bermusyawarah

  Edukasi
Ceritakan Pengalaman Menghargai Pendapat Orang Lain Saat Bermusyawarah

Cerita pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah

Daftar Isi

1. Cerita pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah

Jawaban:

kita harus menerima pendapat orang yang sedang bermusyawarah , kita harus menilai pendapat orang lain , kita juga harus menyemangatinya jika ia tidak terpilih.

2. ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah!​

Jawaban:

mendengarkan nya saat bermusyawarah jangan memotong perkataanya menghargai pendapatnya

Penjelasan:

Semoga membantu

3. Ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah

Jawaban:

Contoh pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah yaitu:

Saat musyawarah pada pemilihan tema penampilan kelas pada pentas seni sekolah. Setiap siswa diberikan haknya untuk mengeluarkan pendapatnya mengenai jenis penampilan yang akan ditampilkan dan juga diizin
kan untuk mencalonkan diri atau mencalonkan teman yang akan menjadi perwakilan. Saya memberikan pendapat untuk menampilkan tari daerah karena akan tampak indah. Namun, teman saya ada yang tidak setuju karena menurutnya membutuhkan waktu yang lama untuk latihan sementara waktu menjelang tampil hanya 2 minggu saja. Saya menghargai pendapat dan sarannya karena saya berpikir logis akan sulit untuk menyiapkan tarian daerah selama 2 minggu. Akhirnya kami menggambil pilihan bersama untuk menyanyikan lagu daerah bersama-sama.

Pembahasan:

Di dalam bermusyawarah kita tetap harus memiliki tata krama termasuk sikap saling hormat dan menghargai perbedaan pendapat yang muncul. Karena tujuan utama musyawarah adalah untuk mendapatkan keputusan bersama demi kepentingan bersama. Musyawarah termasuk dalam sila ke-4 Pancasila.

4. Ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah!#jawabannyasegera

saat itu..aku sedang bermusyawarah tentang siapa yang akan memegang duit patungan.. aku mendengar kan teman teman ku yang mengeluarkan 1 per 1 pendapat.. aku dan teman ku tidak ada yang memotong atau protes pada pendapat temanku.. kamipun memutuskan seorang teman ku yang tegas, baik, dan jujur sebagai pemegang uang patungan kami

5. Cerita pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah

Contoh pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah, yaitu:

Pada saat musyawarah pemilihan kunjungan tempat untuk liburan musim panas disekolah. Setiap siswa diberikan hak untuk mengeluarkan pendapatnya mengenai tempat yang akan dikunjungi oleh sekolah. Zaidan memberikan pendapatnya untuk pergi ke daerah pegunungan. Alasan Zaidan memilih pegunungan adalah pada saat liburan musim panas tiba, udara akan terasa sangat panas dan dapat membakar kulit. Namun, Fauzi tidak setuju dengan pendapat Zaidan. Ia mengusulkan untuk pergi ke pantai, karena baginya pergi ke pantai adalah tempat yang pas untuk liburan musim panas. Dengan pergi ke pantai para siswa akan mendapatkan pengalaman serta ilmu mengenai laut. Selain pengalaman serta ilmu yang di dapat, jarak antara pantai dengan sekolah tidak terlalu jauh.  Zaidan menghargai pendapat serta saran dari Fauzi. Zaidan berpikir logis akan lebih menyenangkan jika pergi ke pantai. Akhirnya kami mengambil pilihan bersama untuk pergi ke pantai pada saat liburan musim panas tiba.

Pembahasan

Dalam bermusyawarah, kita tetap harus tetap memiliki tata krama termasuk sikap saling hormat serta menghargai perbedaan pendapat yang muncul. Tujuan utama dari musyawarah adalah untuk mendapatkan keputusan bersama demi kepentingan bersama. Musyawarah termasuk dalam sila ke-4 Pancasila yang berbunyi “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan”.

Pengamalan nilai dasar Pancasila lainnya, Sila 4 “Nilai Kerakyatan dan Musyawarah”, yaitu:

Musyawarah untuk menentukan ketua serta wakil OSISAdanya kesempatan untuk menyampaikan pendapat dalam rapat serta kritik yang dapat diterima dengan lapang dada dan tetap dapat dipertimbangkan dalam penentuan keputusan.Menghargai pendapat orang lain, memberikan kesempatan untuk menyampaikan pemikiran dan membuat keputusan yang mengutamakan kepentingan bersama.Ketua kelas dalam mengambil keputusan harus melakukan diskusi terlebih dahulu dengan para pengurus kelas lainnya yang  untuk akhirnya membuat keputusan akhir bersama.Tidak memaksakan kehendak orang lain jika suatu pendapat tidak dapat diterima.

Dalam bermusyawarah, tentu kita harus menghargai pendapat orang lain. Lalu, apa itu menghargai? menghargai adalah perilaku yang menunjukkan menerima orang lain dengan apa adanya, tidak melecehkan maupun mendiskriminasi.

Pelajari Lebih LanjutSejarah lahirnya Pancasila dapat dilihat di brainly.co.id/tugas/270449Materi tentang Contoh Hak anak di lingkungan sekolah dapat dilihat di https:// brainly.co.id/tugas/1250754Materi tentang Contoh saling tolong menolong di lingkungan sekolah dapat dilihat di https:// brainly.co.id/tugas/34565804

Detail Jawaban

Kelas: 8

Mapel: PPKN

Bab: 1 – Pancasila sebagai IdeologiNegara dan Ideologi Negara RIKode: 8.9.1

Kata Kunci: Menghargai, musyawarah, sila ke-4

6. ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah!

Contoh pengalaman  menghargai pendapat orang lain saat musyawarah yaitu:

Saat musyawarah pada pemilihan tema penampilan kelas pada pentas seni sekolah. Setiap siswa diberikan haknya untuk mengeluarkan pendapatnya mengenai jenis penampilan yang akan ditampilkan dan juga diizinkan untuk mencalonkan diri atau mencalonkan teman yang akan menjadi perwakilan. Saya memberikan pendapat untuk menampilkan tari daerah karena akan tampak indah. Namun, teman saya ada yang tidak setuju karena menurutnya membutuhkan waktu yang lama untuk latihan sementara waktu menjelang tampil hanya 2 minggu saja. Saya menghargai pendapat dan sarannya karena  saya berpikir logis akan sulit untuk menyiapkan tarian daerah selama 2 minggu. Akhirnya kami menggambil pilihan bersama untuk menyanyikan lagu daerah bersama-sama.

Pembahasan:

Di dalam bermusyawarah kita tetap harus memiliki tata krama termasuk sikap saling hormat dan menghargai perbedaan pendapat yang muncul. Karena tujuan utama musyawarah adalah untuk mendapatkan keputusan bersama demi kepentingan bersama. Musyawarah termasuk dalam sila ke-4 Pancasila.

Pengamalan nilai dasar Pancasila lainnya, Sila 4 “Nilai Kerakyatan dan Musyawarah”, yaitu:

Musyawarah untuk menentukan perwakilan kelas dalam perlombaan antar kelas.Adanya kesempatan menyampaikan pendapat dalam rapat dan masukan serta kritik apapun diterima dengan lapang dan tetap dipertimbangkan dalam penentuan keputusan.Kita menghargai pendapat orang lain, memberikan kesempatan untuk menyampaikan pemikiran, dan membuat keputusan yang mengutamakan kepentingan bersama.Ketua kelas dalam mengambil keputusan melakukan diskusi terlebih dahulu dengan para pengurus kelas lainnya yang  untuk akhirnya membuat keputusan akhir bersama (ketua kelas tidak diktator untuk menuruti kehendaknya sendiri).Membentuk kepanitian di sekolah dan melaksanakan tugas dengan baik, apabila ada masalah dibicarakan dalam rapat dan musyawarah untuk keputusannya.

Pelajari lebih lanjutDefinisi komitmen kebangsaan di brainly.co.id/tugas/15615269Penerapan semangat dan komitmen kebangsaan di kehidupan sehari-hari di brainly.co.id/tugas/10224555Sejarah lahirnya Pancasila di brainly.co.id/tugas/270449

Detil Jawaban

Kelas: 8

Mapel: PpKN

Bab: Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Ideologi Negara RI

Kode: 8.9.1

#AyoBelajar

7. Ceritakan pengalamanmu menghargai pendapat orang lain saat bermusyawarah di sekolah

saat hari pertama aku sekolah SD.. ibu guru menjelaskan tentang ketua kelas..sang guru pun memutuskan untuk memilih ketua kelas dengan voting.. ibu guru memilih beberapa anak untuk calon ketua kelas.. setelah itu.. anak yang dipilih ibu guru itu akan diundi.. ibu guru meminta anak anak menulis nama teman yang ibu pilih tadi untuk menjadi ketua kelas
aku pun memilih adit.. namun.. setelah voting dikumpulkan.. yang paling banyak terpilih adalah reza..lalu sesuai kenyataan.. reza lah yang terpilih sebagai ketua kelas

8. ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah?​

Jawaban:

harus mendengarkan dan t
idak boleh menolak jika musyawarahnya baik dan benar

Penjelasan:

maaf kalo salah

9. Ceritakan pengalaman menghargai pendapatorang lain saat musyawarah!​

Jawaban:

mendengarkan dengan seksama dan menanggapi dengan cara yang baik pula

Penjelasan:

saling menghormati dan menghargai sesama

10. ceritakan pengalamanmu menghargai pendapat orang lain saat musyawarah​

Jawaban:

1. Tidak memotong pembicaraan orang lain, saat sedang menyampaikan pendapatnya.

2. Jika kita tidak setuju dengan pendapat orang lain, maka kita menyampaikan pendapat dengan bahasa dan Kalimat yang sopan.

3. Jika pendapat kita dijadikan hasil keputusan, maka jangan bersikap sombong kepada orang lain yang juga menyampaikan pendapat.

Penjelasan:

Maaf kalau salah..

11. ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah!

pada waktu itu ada musyawarah tempat LDKMS OSIS. Ada yang mengusulkan ke Mirah Fantasi dan ada juga yang mengusulkan ke Sunagai Lembu. Perbedaan pendapat pun terjadi. Dan akhirnya setekah diputuskan bersama (bermusyawarah) kita memilih ke Mirah Fantasi.

12. ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah​

semoga membantu..

jika masih ada yg tidak dimengerti silakan bertanya..

13. benda yang akan kami selidiki adalah tentukan 5 benda yang akan diselidiki oleh tiap-tiap kelompok!ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah!

Tentukan 5 benda yang akan diselidiki oleh tiap-tiap kelompok! Benda yang akan kami selidiki adalah.. ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah!JawabPendahuluan

Pertanyaan mengenai benda yang akan diteliti ini sebenarnya berkaitan dengan kegiatan musyawarah pada pembelajaran 6 Tematik SD kelas III. Oleh karena ini semacam tugas yang harus didiskusikan, maka jawaban yang saya kerjakan hanya berdasarkan pilihan pribadi saja.

Pembahasan

Berikut 5 benda di sekitar kita yang bisa untuk diselidiki:

MEJAPAPAN TULISAIRBUKU PELAJARANSAPU LIDI

Pengalaman MENGHARGAI PENDAPAT orang lain selalu menyenangkan meski tidak mudah untuk dilakukan. Tidak semua orang pandai memahami dan memaklumi perbedaan. Karena memang jauh lebih mudah memahami sesuatu yang sama. Maka itu, apabila kita berhasil memahami perbedaan, menjadikannya kelebihan di antara kita maka hal tersebut adalah hal yang istimewa. Tidak memaksakan pendapat pada teman akan menjadikan musyawarah atau diskusi berjalan sehat sehingga informasi dari berbagai sudut bisa mengalir dengan baik. Musyawarah yang berjalan sehat tanpa pemaksaan adalah musyawarah yang menyenangkan karena menghasilkan keputusan yang mufakat, keputusan yang menyenangkan bagi semua orang.

Pelajari lebih lanjut:

1. Materi tentang musyawarah https://brainly.co.id/tugas/4890141

2. Materi tentang musyawarah https://brainly.co.id/tugas/2102742

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Detil Jawaban

Kode           : –

Kelas           : 3 SD

Mapel          : Tematik

Bab             : Benda Di Sekitar

Kata Kunci : Musyawarah, Benda, Tugas Tematik

14. ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah​

Jawaban:

rasanya bisa menghormati orang lain itu bangga senang dan bahagia

15. Ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah untuk kelas 3

Cerita pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah disekolah  

Pada saat musyawarah menentukan tentang siapa ketua kelas yang baru, hampir semua teman yang mengikuti musyawarah dengan cara melalukan voting kepada dua kandidat yaitu yanto dan budi.

Voting untuk memilih ketua kelas pun berjalan dengan lancar tidak terjadi pertengkaran antar anggota.

Akhirnya terpilihlah budi sebagai ketua kelas, dan terjadi kesepakatan bersama yang hampir semua anggota menerima hasil keputusan bersama. begitu juga dengan Yanto meskipun dia tidak terpilih sebagai ketua kelas ia tetap menerima keputusan dengan lapang dada, ia menghargai hasil keputusan yang telah diperoleh bersama.

Pembahasan  

Apa itu menghargai ? yaitu perilaku yang menunjukkan menerima orang lain dengan apa adanya, tidak melecehkan maupun mendiskriminasi. Sikap menghargai berlaku pada semua aspek, seperti pendapat, derajat sosial, ras, suku, keyakinan, dan lain sebagainya.

Dalam konteks cerita diatas yang termasuk wujud dari menghargai adalah seperti yang ditunjukkan oleh sikap yanto, meskipun dia tidak terpilih dia tidak marah-marah, dia bisa berlapang dada menerima hasil keputusan akhir dan menghargai keputusan setiap temannya.

Sedangkan apa itu Musyawarah? suatu upaya bersama dengan sikap rendah hati untuk memecahkan persoalan (mencari jalan keluar) guna mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian atau pemecahan masalah yang menyangkut urusan keduniawian.

Musyawarah pada cerita diatas diwujudkan dalam bentuk pemilihan ketua kelas, cara pemecahan masalah supaya dapat menghasilkan ketua kelas baru adalah dengan voting atau mengambil suara terbanyak dari siswa yang hadir untuk menentukan siapa yang layak menjadi ketua kelas yang baru. Pelajari lebih lanjut  Materi tentang Contoh hidup rukun dalam masyarakat https:// brainly.co.id/tugas/15609132Materi tentang Contoh Hak anak di lingkungan sekolah https:// brainly.co.id/tugas/1250754Materi tentang Contoh saling tolong menolong di lingkungan sekolah https:// brainly.co.id/tugas/34565804 Detil Jawaban

Kelas: II

Mapel: PPKN

Bab: Bab 4 – Sikap Demokratis

Kode: 2.9.4

#JadiRankingSatu

16. bagaimana cara menceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat bermusyawarah?

jika di lingkungan sekitarmu ada musyawarah dan kamu ikut juga bermusyawarah,dan ada yang sedang berpidato dengan pendapattannya sendiri,kita harus menghargai pendapattannya itu.
mohon maaf jika jawaban saya salah

17. ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah​

Jawaban:

ketika seseorang memberikan pendapat saat musyawarah sebaiknya kita menghargai pendapat tersebut bukan malah mengejek atau mencemo’oh

Jawaban:

mendengarkan pendapat orang lain dan membantu musyawarah juga

18. Ceritakan pengalaman menghargai pendapatorang lain saat musyawarah!Subtema 1: Aneka Benda di sekitarku​

mendengarkan orang lain saat berbicara

jangan menghendaki orang lain

jika ingin berbicara acungkan tangan

tidak membeda bedakan

terimakasih

maaf jika salah

19. ceritakan pengalamanmu menghargai pendapat orang lain saat musyawarah

Penjelasan:

pada saat musyawarah menentukan piket kelas kita melakukan musyawarah. Dan temanku mengutus aku dan 3 teman lainnya dan aku menghargai pendapat temanku tersebut

Video Terkait