Cara Membuat Miniatur Rumah Dari Kertas Karton

  Edukasi
Cara Membuat Miniatur Rumah Dari Kertas Karton

cara membuat miniatur rumah dari kertas karton

Daftar Isi

1. cara membuat miniatur rumah dari kertas karton

1. membuat seketsa miniatur rumah yg akan di buat
2. membuat pola dari seketsa tersebut diatas karton
3. gunting pola tersebut sesuai dengan garis pola
4. satukan pola pola tersebut agar menjadi bentuk rumah
5. warnai rumah agar lebih menarik
6. hiasi rumah agar lebis cantik seperti pohon pohonan dan semak semak

2. Bima mendapat tugas membuat miniatur rumah dari kertas karton. Bentuk dan ukurannya seperti gambar di atas. Berapa Luas kertas karton yang digunakan Bima untuk miniatur rumahnyaPLEASE JAWAB NANTI AKU FOLLOW​

Jawaban:

8.205CM³

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Vbalok = p × l × t

Vbalok = 20 × 30 × 12

Vbalok = 7.200cm³

V½tabung = ½ × TT × r² × Ttabung

V½tabung = ½ × ²²/7 × 8² × 10

V½tabung = ½ × ²²/7 × 64 × 10

V½tabung = 1.005cm³

Gabungan = 7.200 + 1.005

= 8.205cm³

3. 5. selesaikanlah masalah yang berkaitan dari kertas karton. Wisnu membuat miniatur rumahnya dari kertas karton . bentuk dan ukurannya seperti pada gambar 7.8 garis yang diberi tanda t pada gambar 7.8 menunjukkan tinggi atap. diketahui tinggi atapnya 8 cm. berapa luas kertas karton yang digunakan Wisnu untuk membuat miniatur rumahnya ? ​

Luaskertas karton yang digunakan Wisnu untuk membuat miniatur rumahnya adalah 2.736 cm².

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Untuk menjawab soal cerita di atas, kìta tuliskan terlebih dahulu poin-poin yang diinformasikan pada soal sebagai berikut.

Diketahui:

Gambar menunjukkan dua bangun yaitu prisma segitiga dan balok.

Prisma segitiga:

t.segitiga= 8 cma.segitiga= 12 cmp.limas= 30 cmTerdiri dari dua segitiga dan 2 persegi.

Balok:

p= 30 cml= 12 cmt= 20 cmTerdiri dari 2 persegi panjang kanan-kiri, 2 persegi panjang depan-belakang, 1 persegi panjang alas.

Ditanya:

Luas kertas karton atau luas permukaan.

Dijawab:

Kita perlu menghitung luas permukaan dari gabungan dua bangun di atas sebagai berikut.

Total lp= lp. prisma + lp. balok

Total lp= {(2×½×a×t)+(2×p×l)}+{(p×l)+(2×p×t)+(2×l×t)}

Total lp= {(2×½×12×8)+(2×30×10)}+{(30×12)+(2×30×20)×(2×12×20)}

Total lp= (96+600)+(360+1200+480)

Total lp= 696+2040

Total lp= 2736

Jadi, luas kertas karton yang digunakan Wisnu untuk membuat miniatur rumahnya adalah 2.736 cm².

Pelajarilebihlanjut

Materi tentang prisma segitiga https://brainly.co.id/tugas/238909

Materi tentang balok https://brainly.co.id/tugas/6399029

#BelajarBersamaBrainly

4. 27. Dalam pembuatan miniatur rumah, untuk membuat jendela digunakan …. a. kertas karton lembaran mika c. kertas HVS d. kertas gambar​

Jawaban:

a.kertas karton lembaran mika

5. Dalam pembuatan miniatur rumah, untukmembuat jendela digunakan ….a. kertas kartonb. plastik mikac. kertas HVSd. kertas gambarmohon dijawab​

Jawaban:

C.Plastikmika

Karena plastik mika bersifat transparan, dan cocok dijadikan untuk membuat miniatur jendela.

SemogaBermanfaatYa:)

Jawaban:b. Plastik mika

Penjelasan:

Karena kertas karton, kertas HVS, dan kertas gambar tidak cocok untuk membuat rumah

6. Tuliskan cara membuat karya rumah-rumahan dari kertas karton plissssssssss ​

Jawaban:

Membuat karya rumah-rumahan menggunakan kertas karton adalah proyek yang menyenangkan dan kreatif. Berikut adalah beberapa langkah dasar untuk membuat karya rumah-rumahan dengan kertas karton:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. Kertas karton berbagai warna

2. Gunting

3. Lem

4. Pensil dan penghapus

5. Penggaris

6. Cat air atau pensil warna (opsional)

7. Kuas (jika menggunakan cat air)

Langkah-langkah:

1. Rencanakan desain rumah: Ambil selembar kertas dan gambarlah desain rumah yang ingin Anda buat. Anda dapat membuat rumah sederhana dengan atap segitiga atau rumah dengan beberapa lantai dan jendela. Biarkan imajinasi Anda bekerja.

2. Potong kertas karton: Gunakan penggaris dan pensil untuk menggambar bentuk rumah pada kertas karton. Kemudian, guntinglah dengan hati-hati mengikuti garis-garis tersebut. Anda akan membutuhkan beberapa potongan kertas karton untuk bagian atap, dinding, dan jendela.

3. Rangkai rumah: Setelah Anda memiliki potongan-potongan karton, mulailah merangkai rumah dengan menggunakan lem. Tempelkan potongan dinding bersama-sama untuk membentuk bentuk rumah. Pastikan untuk menggunakan lem yang cukup agar potongan-potongan tetap kuat dan kokoh.

4. Tambahkan atap: Potong potongan karton untuk membuat atap. Jika Anda ingin atap berwarna, gunakan cat air atau pensil warna untuk mewarnai karton sebelum memotongnya. Pasangkan potongan atap ke bagian atas rumah dan tempelkan dengan lem.

5. Buat jendela dan pintu: Potong potongan karton kecil untuk membuat jendela dan pintu rumah. Anda dapat memberi mereka detail tambahan dengan menggambar atau mewarnai menggunakan pensil warna atau cat air. Tempelkan jendela dan pintu pada dinding rumah.

6. Hias rumah: Sekarang saatnya untuk menghias rumah sesuai selera Anda. Gunakan cat air atau pensil warna untuk memberikan warna dan pola pada rumah. Anda juga dapat menambahkan elemen dekoratif lainnya seperti bunga dari kertas, tirai mini, atau apa pun yang menginspirasi Anda.

7. Biarkan kering: Jika Anda menggunakan cat air, biarkan rumah kering sepenuhnya sebelum menambahkan detail atau elemen dekoratif lainnya. Pastikan semuanya kering dengan baik agar karya Anda tetap utuh.

bilang makasih dong!!

7. cara membuat miniatur bakteriofag dari pralon,karton dan kawat

cari aja di mbah google

8. kegunaan kertas duplex dalam pembuatan miniatur rumah adalah…​

Jawaban:Kertas Duplex digunakan untuk corak penglihatan atau pattern bagunan seperti dinding serta material- material lainnya.

Penjelasan:

caranya kertas Duplex dicetak sesuai corak atau pattern material yang dibutuhkan.

9. Pada pembuatan miniatur rumah karton tebal berfungsi sebagai

Salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan miniatur rumah adalah karton tebal. Fungsi dari kartontebal pada pembuatan miniatur rumah adalah sebagai dinding dari rumah dan juga bisa berguna sebagai alas.

Pembahasan

Miniatur adalah salah satu bentuk dari karya seni rupa tiga dimensi yang merupakan peniruan suatu bentuk hingga menjadi bentuk tiga dimensi. Dalam pembuatan miniatur rumah, salah satu jenis bahan dasar yang digunakan adalah karton tebal di mana karton akan digunakan sebagai dinding dari rumah tersebut. Selain itu, karton tebal bisa juga digunakan sebagai alas.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang teknik seni rupa tiga dimensi https://brainly.co.id/tugas/12655587

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

10. alat yang digunakan memotong karton dalam pembuatan miniatur rumah adalaha.lemb.penggarisc.gunting​

Jawaban:

c. gunting

Penjelasan:

krna fungsi dri gunting adalah memotong

11. dalam pembuatan miniatur rumah karton tebal akan digunakan untuk​

Jawaban:

dinding

Penjelasan:

karton tebal biasanya digunakan sebagai dinding rumah miniatur atau penopanh rumah miniatur

12. Apa fungsi kertas mika pada pembuatan miniatur rumah​

Jawaban:

untuk mempercantik rumah miniatur tersebut

Penjelasan:

maaf kalau salah

13. 27.Dalam pembuatan miniatur rumah,untuk membuat jendela digunakan ….a. kertas kartonlembaran mikac. kertas HVSd. kertas gambar​

Jawaban:

a. kertas karton

Penjelasan:

mungkin kalo gak salah

tapi pasti bener

14. Dalam pembuatan miniatur rumah untuk membuat jendela digunakan a. kertas karton b. plastik mika c. kertas hvsd. kertas gambar ​

Jawaban:

B. plastik mika

karena jendela dibuat transparan sehingga mika merupakan bahan yang pas.

15. Apa kegunaan kertas daur ulang dalam pembuatan miniatur rumah

Jawaban:

untuk bisa membuat bentuk tembok rumah

Jawaban:

sing tawang baang ngantem pok

16. Question 25 Question 25 (1 point) Dalam membuat sebuah miniatur rumah atau bangunan yang menjadi bahan utamanya adalah…. a kertas karton 5 bubur kertas benang tripleks lem

Jawaban:

karton

5

bubur kertas

benang

tripleks

lem

Penjelasan:

17. 5. Atap luar miniatur rumah dibuat dari ….a. kertas kartonb. plastikC.mikad. bagian dalam kardus​

Jawaban:

D.Bagian dalam kardus

Semoga membantu

jadikan jawaban yang terbaik:)

Atap luar miniatur rumah dibuat dari

D. Bagian dalam kardus ✔

18. cara membuat model rumah sederhana dari kertas karton jika 1 lembar kertas dapat diolah menjadi 2 buah model rumah, maka berapa lembar kertas karton yang diperlukan untuk membuat 24 model rumah?tolong dong bantu pake cara ya;)​

Jawaban:

12

Penjelasan dengan langkah-langkah:

24:2=12

semoga membantu:)

19. Berikut bahan yang tidak bisa di gunakan untuk membuat kontrusksi miniatur rumah adalah a)Kardus B)kertas karton C)batu bata D)Triplek

c.batu batA.karena batu bata sangat tebal dan tdk menggunakan lem tetapi menggunakan semem
n
maaf kalau salah

Video Terkait