Berikut Ini Yang Termasuk Konflik Bernuansa Agama Yaitu

  Edukasi
Berikut Ini Yang Termasuk Konflik Bernuansa Agama Yaitu

Berikut ini yang termasuk konflik bernuansa agama yaitu

Daftar Isi

1. Berikut ini yang termasuk konflik bernuansa agama yaitu

Jawaban:

konflik Papua

Penjelasan:

Semoga membantu…Maaf kalau salah..

2. barikut ini yang termasuk konflik bernuansa agama yaitu konflik ?​

Jawaban:

Perbedaan agama itu yang menimbulkan konflik sendiri..

Kayak manusia susah untuk mengerti perbedaan justru sebenarnya adalah kelebihan tapi y gituuu lah manusia

Penjelasan:

3. Berikut ini yang termasuk konflik bernuansa agama yaitu…. A. Aceh B. Konflik Papua C. Konflik Ambon D
. Konflik Sampit

Jawaban:

C.Konflik Ambon

Jadikan Jawaban Terbaik Ya Guys

Penjelasan:

4. Berikan analisismu atas konflik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi di indonesia?

Jawaban:

Konflik bernuansa suku dan agama kerap terjadi di beberapa daerah yang terdapat di Indonesia. Hal tersebut terjadi karena adanya kesadaran masyarakat terhadap isu diskriminasi suku dan toleransi beragama yang masih rendah.

Tindakan intoleransi dan diskriminasi yang terjadi secara tidak langsung berdampak pada situasi demokratisasi di Indonesia. Hal ini akan merusak kehidupan harmoni masyarakat yang telah terbentuk selama ini.

Penjelasan:

maaf kalo salah

5. 11. Berikut ini yang termasuk konflik bernuansa agama yaitu…. * a. Tanjung periok b. Konflik papua c. Konflik poso d. Konflik smbitbutuh cepat​

Jawaban:

B. Konflik Papua

Penjelasan:

Maaf jika Jawaban nya salah

Jadikan jawaban tercerdas yah 😀

C. Konflik poso

Semoga membantu:)

6. masalah yang menjadi pemicu konflik bernuansa agama

tentang,tidak menghargai dan menghormati perbedaan agamamasalah yang biasanya menjadi pemicu konflik bernuansa agama dikarenakan.

A. Perbedaan Doktrin dan Sikap Mental

Semua pihak umat beragama yang sedang terlibat dalam bentrokan masing-masing menyadari bahwa justru perbedaan doktrin itulah yang menjadi penyebab dari benturan itu.

B. Perbedaan Suku dan Ras Pemeluk Agama

Tidak dapat dipungkiri bahwa perbedaan ras dan agama memperlebar jurang permusuhan antar bangsa. Perbedaan suku dan ras ditambah dengan perbedaan agama menjadi penyebab lebih kuat untuk menimbulkan perpecahan antar kelompok dalam masyarakat.

D. Masalah Mayoritas da Minoritas Golongan Agama

Fenomena konflik sosial mempunyai aneka penyebab. Tetapi dalam masyarakat agama pluralitas penyebab terdekat adalah masalah mayoritas dan minoritas golongan agama.

7. Berikut ini yang termasuk konflik yang bernuansa etnis yaitu …. 4 poina. konflik NADb. konflik sampitc. tragedi semanggid. antaragama​

Jawaban:

-konflik NAD

-tragedi semanggi

-dan antaragama

itu semua konflik bernuansa etnis

maaf ya klo salah

Jawaban:

C. Tragedi semanggi

Penjelasan:

maaf kalau salahhhhh

8. Berikut ini yang termasuk konflik yang bernuansa etnis yaitu

A konflik NAD
B konflik ambon
C tragedi Semanggi
D antaragama
E kerusuhan antar pelajar

9. konflik yang bernuansa agama​

Jawaban:

-kasus konflik antara palestina dan israel karena perebutan wilayah tanah suci (antar 2 agama : islam dan yahudi)

-kasus konflik agama di ambon yang berawal dari olok-olokan salah satu warga (islam ,katholik)

10. Berikut ini yang termasuk konflik bernuansa agama adalah a Tanjung Priok B konflik Ambon C konflik aparthei d tragedi Semanggi​

Setahu saya, Yang termasuk Konflik bernuansa agama adalah

B. Konflik Ambon

*Maafkan bila salah*

*Smg membantu*

Jawabannya B.Konflik Ambon

Mengapa?Karena saat itu di Ambon terjadi perselisihan antara rakyat Maluku Utara (mayoritas Islam) dengan rakyat Maluku di selatan (mayoritas Kristen)

11. Berikan pendapatmu atas konflik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi di Indonesia​

Jawaban:

konfik konfik terjadinya kerap terjadi kesalahan

12. Berikut ini yang termasuk konflik bernuansa etnis yaitu a konflik suku Jawa dan papua B konflik agama Kristen dan Hinduc konflik buruh dan pemilik pabrik D unjuk rasa​

Jawaban:

a

bernuansa etnis, karena beda suku

13. Berikut ini konflik yang bernuansa lokal yaitu….

– Tawuran
– Pemilihan presiden
– Pemilihan gubernur
– Krisis ekonomi

maaf cuma empat.
maaf juga klo salah

14. Berikan alisismu tentang konflik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi di indonesia!?

Jawaban:

Konflik bernuansa suku dan agama kerap terjadi di beberapa daerah yang terdapat di Indonesia. Hal tersebut terjadi karena adanya kesadaran masyarakat terhadap isu diskriminasi suku dan toleransi beragama yang masih rendah.

Penjelasan:

MAAF KALO SALAH

15. Berikan analisis mu atas konflik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi di indonesia??

Jawaban:

logo

pendidikan

Home Pendidikan

Terjawab! Berikan Analisismu Atas Konflik Bernuansa Suku dan Agama yang Pernah Terjadi di Indonesia

Mariyani Soetrisno

Kamis, 9 Maret 2023 | 13:34 WIB

Terjawab! Berikan Analisismu Atas Konflik Bernuansa Suku dan Agama yang Pernah Terjadi di Indonesia (pexels.com / fauxels)

Terjawab! Berikan Analisismu Atas Konflik Bernuansa Suku dan Agama yang Pernah Terjadi di Indonesia (pexels.com / fauxels)

Quena.id – Sobat Quena pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan berikan analisismu atas konlik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi di Indonesia. Pertanyaan ini ada pada mata pelajaran PKN kelas 10 halaman 153.

Berikan analisismu atas konlik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi di Indonesia adalah pertanyaan penting bagi siswa-siswi SMA / MTS agar mengetahui lebih lanjut tentang konflik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi di Indonesia.

Jawaban pertanyaan berikan analisismu atas konlik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi di Indonesia ini sekaligus menjadi bagian dari kunci jawaban PKN kelas 10 halaman 153 mengenai konflik yang pernah terjadi di Indonesia khusunya tentang suku dan agama pada bagian Unit 3 Kolaborasi Antarbudaya di Indonesia.

Baca Juga: Contoh Soal UTS Sejarah Kelas 10 Semester 2 Terbaru, Lengkap Dengan Kunci Jawabannya

Adapun jawaban dari pertanyaan ini ditulis supaya bisa menjadi referensi bagi murid khususnya kelas 10 yang mau belajar. Mudah-mudahan jawaban di bawan dapat membantu para siswa memahami materi mengenai konflik bernuansa suku dan agama.

Pertanyaan:

Beri
kan analisismu atas konflik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi di Indonesia?

Jawaban:

Analisis saya atas konflik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi di Indonesia ialah berikut ini:

1. Konflik-konflik bernuansa Suku dan Agama sering terjadi di beberapa daerah di Indonesia padahal kita tahu bahwa bangsa Indonesia memiliki banyak keberagaman, baik itu agama, suku bangsa, ras, bahasa, tradisi, dan sebagainya.

2. Masing-masing kebudayaan tersebut memiliki ego mereka tersendiri. Jika nilai-nilai pancasila, terutama sila ke-3 tentang persatuan dan juga nilai nasionalisme tidak ditanamkan dan tidak dibiasakan, maka konflik akan kerap terjadi dan menyebabkan disintegrasi atau perpecahan.

3. Penyebab konflik bernuansa suku dan agama itu terjadi karena kesadaran masyarakat terhadap isu diskriminasi suku dan toleransi beragama masih rendah. Masih ada sikap primordialisme yang menganggap budaya dari salah satu kebudayaan yang lebih baik.

4. Fenomena tindak intoleransi dan diskriminasi ini berdampak tidak langsung terhadap situasi demokratisasi di Indonesia serta dapat merusak kehidupan harmoni masyarakat yang telah terbentuk sekian lama.

16. Berikut ini yang termasuk konflik yang bernuansa etnis yaitu …. *konflik NADkonflik sampittragedi semanggiantaragama​

Jawaban:

C. Tragedi Semanggi

17. Berikut ini yang termasuk konflik yang bernuansa lokal yaitu…?

konflik bernuansa lokal adalah konflik yang di sebabkan oleh konflik sebab konflik lokal adalah konflik yang konflik menjadi konflik didalam…;V

18. masalah yang memicu konflik bernuansa agama

berbedaaaan mazhabbbkurangnya toleransi antar umat beragama…

19. Berikan analisis anda atas konflik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi di indonesia?

Konflik yang pernah terjadi di Indonesia atas suku dan agama adalah…

Penjelasan:

– Terjadinya perbedaan antar ras

– Saling mengejek suku orang lain

– Tidak mengormati Agama orang lain

– Memilih – milih teman sesuai selera kita

Jawaban:

Indonesia, sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, telah mengalami beberapa konflik bernuansa suku dan agama selama bertahun-tahun. Berikut ini adalah beberapa faktor yang memainkan peran dalam terjadinya konflik tersebut:

1.Politik: Pemerintah dan kelompok-kelompok politik seringkali memanfaatkan perbedaan agama dan suku untuk memenuhi kepentingan politik mereka, memperkuat basis pendukung dan memecah belah masyarakat.

2.Ekonomi: Konflik seringkali dipicu oleh perbedaan ekonomi antar suku dan agama, dengan kelompok yang lebih kaya menganggap kelompok yang lebih miskin sebagai ancaman bagi posisi mereka.

3.Pendidikan: Kurangnya pendidikan dan informasi yang tepat tentang agama dan suku lain memperparah perbedaan dan memicu kebencian dan diskriminasi.

4.Intoleransi: Intoleransi terhadap perbedaan agama dan suku dapat memicu konflik, terutama jika diterapkan secara radikal dan tidak dapat diterima oleh kelompok lain.

Sebagai negara yang memegang teguh prinsip Pancasila sebagai dasar filosofi dan ideologi, Indonesia harus terus berupaya untuk mengatasi konflik-konflik ini melalui dialog dan kerjasama antar suku dan agama. Pendidikan dan informasi yang tepat dan berkualitas, serta pemerintah yang berkomitmen untuk mempromosikan toleransi dan kerjasama, adalah beberapa cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Video Terkait