Bagaimana Peran Penelitian Geografi Dalam Membahas Fenomena Geosfer

  Edukasi
Bagaimana Peran Penelitian Geografi Dalam Membahas Fenomena Geosfer

Bagaimana peran penelitian geografi dalam membahas fenomena geosfer

1. Bagaimana peran penelitian geografi dalam membahas fenomena geosfer

Penelitian geografi bermanfaat dalam memberikan informasi fenomena geosfer untuk membantu dan memahamkan pihak pihak terkait sesuai dengan akal sehat dan ilmiah secara metodologi. Penelitian geografi sendiri bermanfaat bagi ilmuwan dan peneliti karena sangat berguna bagi pengembangan ilmu geografi itu sendiri dan bisa menjadi rujukan atau referensi untuk penelitian salanjutnya.

2. bagaimana peran penelitian geografi dalam membahas fenomena geosfer​

Jawaban:

penolong untuk menghindari bencana alam

3. bagaimana penelitian geografi membahas fenomena geosfer

Melalui 3 pendekatan yaitu pendekatan keruangan (aspek fisik), kelingkungan (fisik serta manusia) dan kompleks wilayah (fisik, manusia disertai beberapa wlayah)

4. Sebutkan contoh fenomena geosfer yang dapat diamati dalam penelitian geografi

1. gempa bumi
2. jumlah penduduk
3.persebaran flora dan fauna

5. sebutkan contoh fenomena geosfer yang dapat diamati dalam penelitian geografi

aspek fisik geografi mengkaji segala fenomena yang ada di geosfer yang tentunya dapat mempengaruhi keberlangsungan hidup manusia. Aspek fisik meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan semua fenomena alam yang langsung dapat diamati.

Aspek Topologi yaitu membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan letak atau lokasi suatu wilayah, bentuk muka buminya, luas area dan batas-batas wilayah yang mempunyai ciri-ciri khas tertentu.
Aspek Biotik yaitu membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur vegetasi (tetumbuhan atau flora, dunia binatang (fauna) dan kajian penduduk.
Aspek Non Biotik membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur kondisi tanah, hidrologi (tata air) baik perairan darat maupun laut dan kondisi iklim dari suatu wilayah.

6. tujuan utama yang di lakukan peneliti saat mengamati fenomena geosfer dalam kegiatan penelitian geografi adalah

untuk mendapatkan data primer dari hasil pengamatan dilapangan dan mendapatkan deskrifsi sesungguhnya dilapangan, contoh seorang ahli vulkanologi sedang meneliti tingkat keaktipan sebuah gunung, maka data yg dia kumpulkan selain dg menggunakan alat seperti seismograf juga melakukan pengamatan bagaimana aktipitas yg terjadi pada gunung merapi tsb

7. Bagaimana peran penelitian geografi membahas fenomenan geosfer

Penelitian geografi bermanfaat dalam memberikan informasi fenomena geosfer untuk membantu dan memahamkan pihak-pihak terkait yang sesuai dengan akal sehat (common sense) dan ilmiah secara metodologis. Penelitian geografi sendiri bermanfaat bagi ilmuwan dan peneliti karena sangat berguna bagi pengembangan ilmu geografi itu sendiri dan bisa menjadi rujukan/referensi untuk penelitian selanjutnya.
ilmu topografi, pendataan wilaya.g dll.

8. Langkah-langkah penelitian Geografi mengenai Fenomena Geosfer

MAPEL : GEOGRAFI 
MATERI : PENELITIAN GEOGRAFI

JAWABAN :

dalam melakukan sebuah penelitian geografi maka langkah langkah penelitian geografi mengenai fenomena geosfer adalah sebagai berikut :
→ menemukan dan membuat rumusan masalah, untuk penelitian geografi maka masalah yg berkaitan yaitu mengenai masalah fenomena geosfer seperti banjir, erosi, sedimentasi, gempa, lingkungan hidup dll
→ melakukan studi pustaka, studi kajian pustaka merupakan landasan teori yg harus ada dalam melakukan penelitian geografi
→ merumuskan hipotesis, yaitu si peneliti membuat dugaan atau jawaban sementara mengenai permasalahan geosfer yg sedang ia teliti
→ membuat desain metode penelitian
→ tahap pengumpulan data
→ tahap analisis data
→ membuat kesimpulan 
→ dan terakhir yaitu penulisan laporan penelitian

semoga manfaat

9. Bagaimana peran penelitian geografi membahas tentang geosfer

Penelitian geografi bermanfaat dalam memberikan informasi fenomena geosfer untuk membantu dan memahamkan pihak-pihak terkait yang sesuai dengan akal sehat (common sense) dan ilmiah secara metodologis.

Penelitian geografi sendiri bermanfaat bagi ilmuwan dan peneliti karena sangat berguna bagi pengembangan ilmu geografi itu sendiri dan bisa menjadi rujukan/referensi untuk penelitian selanjutnya.

10. bagaimana peran penelitian geografi membahas fenomenan geosfer

Geografi memiliki peran dalam penelitian mengenai fenomena geosfer hal ini membantu bagi peneliti dan ilmuan geografi untuk pengembangan ilmu  menjelaskan fenomena geosfer kepada pihak pihak terkait secara ilmiah metedologis dan sesuai akal sehat pengembangan ilmu .

Pembahasan

Geosfer merupakan satu istilah yang tidak pernah lepas dari ilmu geografi, karena pada dasarnya geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang terjadinya gejala-gejala maupun fenomena geosfer berdasarkan unsur unsur geosfer. Sedangkan, Fenomena geosfer adalah kejadian-kejadian alam yang menyangkut Atmosfer, litosfer, biosfer, antroposfer, serta hidrosfer.

Pelajari lebih lanjut  

1.  Lapisan Atmosfer  https://brainly.co.id/tugas/3868739

2. Lapisan Litosfer  https://brainly.co.id/tugas/14571073

————————————————–

Semoga membantu.

Detil tambahan

Kelas:  10 SMA

Mapel:  Geografi

Kategori: 10.8.2 – Langkah-Langkah Penelitian Geografi

Kata kunci: Penelitian geografi, fenomena geosfer

11. mengapa keingintahuan manusia terhadap suatu fenomena geosfer dilakukan melalui penelitian geografi?

—-jawaban—-

sebab keingintahuan dalam diri manusia merupakan sifat alamiah dan penelitian geografi merupakan suatu cara bagi seseorang ingin tau lebih banyak tentang apa yg dia lihat, dia pikirkan dan dia rasakan.
maka ada tujuan yg dapat di capai bila seseorang melakukan penelitian geografi :
1. seseorang tsb ingin menguji kebenaran hipotesis yg diajukan terhadap maslah yg dia teliti
2. hasil dari penelitian seseorang tsb dapat dia sumbangkan bagi perencanaan pengembangan suatu wilayah atau dalam kehidupan sehari hari
3. hasil penelitiannya dapat digunakan untuk kepwntingan hidup manusia baik masa kini maupun akan datang

ok koncoku….^^

12. menyebutkan fenomena geosfer sebagai topik penelitian geografi

-HUJAN (BOBOBOY BOUNCE)
-PETIR (BOBOBOY HALILINTAR)
– GEMPA (BOBOBOY GEMPA)
– TORNADO (BOBOBOY TAUFAN)
– GUNUNG MELETUS (BOBOBOY BLAZT)

NB: SEMUA JURUS BOBOBOY TERMASUK DALAM FENOMENA GEOSFER

13. Mengapa Geografi membahas tentang fenomena geosfer?​

Jawaban:

Karena studi geografi sama halnya dengan ilmu pengetahuan lain, geografi memiliki objek studi dan ruang lingkup kajian tersendiri yang berbeda dari disiplin ilmu lainnya. Objek studi tersebut dapat dibedakan menjadi dua yaitu :

-Objek material

-Objek formal.

Penjelasan:

Karena objek studi geografi banyak mempelajari tentang objek-objek geosfer yang termasuk kedalam objek studi “objek material”

terimakasih

14. Sebutkan contoh fenomena geosfer yang dapat diamati dalam penelitian geografi

Contohnya yaitu Masalah pembentukan batuan dimuka bumi ini msk dlm kajian Litosfer dan dikaji melalui penelitian Geografi.

semoga membantu 🙂

15. sebutkan contoh fenomena geosfer yang dapat diamati dalam penelitian geografi

aspek fisik geografi mengkaji segala fenomena yang ada di geosfer yang tentunya dapat mempengaruhi keberlangsungan hidup manusia. Aspek fisik meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan semua fenomena alam yang langsung dapat diamati.

Aspek Topologi yaitu membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan letak atau lokasi suatu wilayah, bentuk muka buminya, luas area dan batas-batas wilayah yang mempun
yai ciri-ciri khas tertentu.
Aspek Biotik yaitu membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur vegetasi (tetumbuhan atau flora, dunia binatang (fauna) dan kajian penduduk.
Aspek Non Biotik membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur kondisi tanah, hidrologi (tata air) baik perairan darat maupun laut dan kondisi iklim dari suatu wilayah.

16. sebutkan contoh fenomena geosfer yang dapat diamati dalam penelitian geografi !

Penelitian geografi, melalui citra satelit dapat mengamati fenomena geosfer. Contohnya, citra satelit dapat merekam pola awan. Dari pola itu dapat menyusun struktur tiga dimensi tentang tekanan dan angin. Petunjuk keawanan merupakan nada dari kondisi stabil atmosfer. Langit cerah diasosiasikan sebagai kondisi antisiklon dan atau karena pengaruh dari udara kontinental yang sangat kering. Sebaliknya, kondisi berawan yang luas menunjukkan ketidakstabilan. Kecerahan awan tinggi yang dapat diamati citra satelit tampak dan inframerah termal dapat dijadikan petunjuk sebagai terjadinya hujan. Jika sudah tampak proses pengawanannya, estimasi hujan dapat diamati dari bentuk awan dan volumenya. Data satelit juga dapat dipakai untuk menentukan kecepatan angin, arah angin, serta perkiraan cuaca buruk seperti tornado, hujan badai lebat, hujan es disertai angin ribut, atau angin topan.

17. Tujuan utama yang dilakukan peneliti saat mengamati fenomena geosfer dalam kegiatan penelitian geografi adalah.

Jawaban:

Tujuan utama yang dilakukan peneliti saat mengamati fenomena geosfer dalam kegiatan penelitian geografi adalah menemukan masalah penelitian.

Penjelasan:

maaf kalau salah !!

18. Contoh fenomena geosfer yang dapat diamati dalam penelitian geografi

Contohnya yaitu masalah banjir yg terjadi diwilayah DKI Jakarta dpt diteliti dgn mengkaji beberapa aspek pengaruhnya dan dampaknya. Semoga membantu 🙂

19. bagaimana peran penelitian geografi membahas fenomenan geosfer

Penelitian geografi bermanfaat dalam memberikan informasi fenomena geosfer untuk membantu dan memahamkan pihak-pihak terkait yang sesuai dengan akal sehat (common sense) dan ilmiah secara metodologis. Penelitian geografi sendiri bermanfaat bagi ilmuwan dan peneliti karena sangat berguna bagi pengembangan ilmu geografi itu sendiri dan bisa menjadi rujukan/referensi untuk penelitian selanjutnya.

Video Terkait