Bagaimana Kualitas Dan Tingkat Produktivitas Tenaga Kerja Di Negara Berkembang

  Edukasi
Bagaimana Kualitas Dan Tingkat Produktivitas Tenaga Kerja Di Negara Berkembang

bagaimana upaya peningkatan produktivitas tenaga kerja yang rendah di negara berkembang??​

Daftar Isi

1. bagaimana upaya peningkatan produktivitas tenaga kerja yang rendah di negara berkembang??​

Untuk dapat mengatasi masalah kurangnya kualitas dan produktifitas sumber daya manusia di negara berkembang seperti pekerjaan, berarti mereka akan menganggur, dan justru akan menekan standar hidup bangsanya menjadi lebih rendah. Titik singgung antara pendidikan dengan pertumbuhan ekonomi adalah produktivitas tenaga kerja (labor prod
uctivity).

2. bagaimana kualitas dan tingkat produktivitas tenaga kerja indonesia?

Sama seperti yang dialami Negara berkembang lainnya, kualitas dan tingkat produktifitas tenaga kerja Indonesia masih tergolong rendah. Kualitas tenaga kerja yang rendah jelas berpengaruh pada tingkat produktifitas yang juga turut menjadi rendah. Faktor utama yang menjadi penyebab rendahnya kualitas tenaga kerja Indonesia adalah kualitas dan mutu pendidikan yang masih minim.

Tingkat produktifitas yang buruk merupakan masalah yang menghambat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi suatu Negara. Oleh sebab itu, kualitas pendidikan harus diperhatikan dengan baik oleh Indonesia sebab dampaknya begitu signifikan bagi perkembangan ekonomi di masa depan.

Untuk lebih memahami materi ini, silahkan simak penjelasan lebih lanjut pada tautan berikut: 

Mengapa tenaga kerja di indonesia masih rendah brainly.co.id/tugas/3152287
Identifikasikan permasalahan ketenagakerjaan yang dihadapi oleh Indonesia brainly.co.id/tugas/3589002

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Kode Soal   : –
Kelas           : XI (2 SMA)
Pelajaran     : Ekonomi
Kategori      : Ketenagakerjaan
Kata Kunci  : Pendidikan, SDM, Indonesia, Produktifitas

3. Bagaimana kualitas dan tingkat produktivitas tenaga kerja di Indonesia

Kualitas dari tingkat produktivitas yang dimiliki oleh tenaga kerja di Indonesia dapat dianggap masih rendah.

Pembahasan  

Hal ini dikarenakan salah satu penyebab utamanya sendiri merupakan tingkat dari pendidikan yang dimiliki oleh tenaga kerja yang dimana dianggap masih rendah. Hal tersebut akan memberikan sebuah akiba dari tenaga kerja Indonesiaa sendiri yang dimana akan dianggap masih memiliki sebuah penghasilan rendah dan juga tidak akan mampu melakukan persaingan dengan negara tertangga, atau malaysia. Kemudian, ada pula hal lainnya yang dimaan terjadinya sebuah bentuk akan kesenjangaan yang dimana melkaukan pencarian kerja dan juga peluang yang dimana akan dapat dilakukan pengurangan dengan link serta match yang ada di bagian dunia usaha khususnya bagi apra pencari kerja.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang  mengapa sumber daya manusia lebih penting dari pada sumber daya lain https://brainly.co.id/tugas/15182944

—————————–

 

Detil jawaban

Kelas:  11

Mapel:  Ekonomi

Bab:  Bab 3 – Permasalahan Ketenagakerjaan dalam Pembangunan Ekonomi

Kode:  11.12.3

Kata Kunci:  Produktivitas, Tenaga, Kerja

4. jika tingkat produktivitas tenaga kerja rendah maka tingkat upah juga

Tingkat upah juga akan merendah

5. Jelaskan tingkat produktivitas tenaga kerja di negara maju!

Tingkat produktivitas tenaga kerja untuk negara maju cukup besar karena keahlian dan keterampilan tenaga kerjanya yang tinggi serta SDA yang maksimal sehingga pekerjaan menjadi terlaksana

6. Bagaimana kualitas dari tingkat produktivitas tenaga kerja indonesia?

masih rendah di banding negara lain

7. Salah satu permasalahan ekonomi negara berkembang adalah produktivitas rendah.bagaimanakahnupaya untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja?

Jawaban:

di buatnya training camp atau camp pelatihan untuk parah tenaga kerja agar terlatih

Jawaban:

dengan Cara Korupsi

Penjelasan:

dengan cara korupsi kita dapat menghasilkan banyak tenaga kerja

8. Bagaimana kualitas dan tingkat produktivitas tenaga kerja indonesia?

produktivitas tenaga kerja Indonesia: Rendah

maaf kalau salah

9. bagaimana hubungan antara peningkatan kesejahteraan tenaga kerja dengan produktivitas kerja dan kualitas kerja..??? tolong di jawab besok mau dikumpulkan

hubungan nya sangat era dan saling bekaitan apabila kesejahteraan tenaga krj terpenuhi hasil produksi nya juga meningkat

10. Tuliskan peran perkembangan iptek dalam meningkatkan produktivitas tenaga kerja suatu negara!​

Jawaban:

Dengan adanya perkembangan iptek produktivitas suatu negara dapat maju, karena dapat menciptakan produk-produk berkualitas dengan memanfaatkan tanaga kerja berupa mesin, dan juga dapat bersaing dengan produk-produk lainnya.

Namun, dengan adanya perkembangan iptek tenaga kerja manusia kadang tidak digunakan karena bergantung pada mesin dan dapat menyebabkan bertambahnya jumlah pengangguran, karena produksi produk-produk tersebut di laksanakan dengan mesin.

Penjelasan:

semoga membantu..

11. Bagaimana tingkat perkapita dapat mempengaruhi tingkat produktivitas tenaga kerja

Semakin tinggi pendapatan seseorang semakin tinggibjuga kebutuhannya

12. cara mengatasi kualitas dan produktivitas tenaga kerja

dibuat peraturan dlm ketenagakerjaan, diberikan jaminan kesehatan agar tetap produktif

13. Bagaimana kualitas dan tingkat produktivitas tenaga kerja Indonesia

Kualitas dan juga tingkat produktivitas sumber daya manusia yang dimana dimiliki oleh bangsa indonesia adalah dianggap relatif lebih rendah apabila dilakukan perbandingan dengan beberapa negara yang dimana berada di daerah sekitar.

Pembahasan  

Penyebab utama dari rendahnya sumber daya manusia yang dimana ada di Indonesia adalah sebuah tingkat pendidikan yang dimana dimiliki oleh sumber daya manusia yang dimana lebih rendah. Hal ini akan membuat sebuah tenaga kerja yang dimana dimiliki oleh Indonesia memiliki sebuah bentuk pengalaman yang dimana masih memiliki sebuah penghasilan yang dianggap lebih rendah dan juga tidak akan memiliki sebuah kemampuan untuk dapat bersaing dengan berbagai macam bentuk negara tetangga lainnya.  

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang  segala sumber selain sumber daya alam dan sumber daya manusia disebut https://brainly.co.id/tugas/4086917

—————————–

 

Detil jawaban

Kelas:  11

Mapel:  Ekonomi

< strong>Bab:  Bab 3 – Permasalahan Ketenagakerjaan dalam Pembangunan Ekonomi

Kode:  11.12.3

Kata Kunci:  Relatif, Manusia, Sumber

14. Bagaimana kualitas dan tingkat produktivitas tenaga kerja di Indonesia ​

Penjelasan:

masih terlihat kurang

Jawaban:

sangat baik karena banyak peluang kerja

15. Usaha meningkatkan produktivitas dan kualitas tenaga kerja

Intensifikasi dan Spesialisasi.

16. Kenapa kualitas dan tingkat produktivitas tenaga kerja di Indonesia sangat rendah ? bandingkan dengan negara asing. Jelaskan menurut pandangan saudara! Matkul pengantar bisnis

Jawaban:

Daya saing dan produktivitas tenaga kerja di Indonesia menjadi relatif rendah. Salah satu penyebab utamanya adalah tingkat pendidikan tenaga kerja yang masih rendah. Ini membuat tenaga kerja Indonesia masih berpenghasilan rendah dan tak mampu bersaing dengan negara tetangga.

“Upaya perluasan kesempatan kerja perlu dilakukan,” kata Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Tenaga Kerja Benny Soetrisno saat pembukaan pameran kerja di Kementerian Perindustrian RI, Kamis (12/12). Saat ini, jumlah pencari kerja lebih besar dari peluang yang ada. Kesenjangan antara keterampilan pencari kerja dan kompetensi yang dibutuhkan pasar masih ada.

Berdasarkan data Kemenakertrans per Agustus 2012, dari 118,05 juta tenaga kerja yang terdaftar, 82,10 juta merupakan lulusan sekolah dasar, 38,57 juta lulusan sekolah menengah pertama, mengikuti 27,65 juta lulusan sekolah menengah atas, dan 13,54 lulusan sekolah menengah kejuruan. Hanya 3,87 juta lulusan diploma dan 8,17 juta sarjana.

Di saat yang sama pemerintah sedang berusaha memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM) agar bisa bergerak dari negara berpenghasilan menengah (middle income countries) menjadi negara berpenghasilan tinggi (high income countries). Caranya, dengan inovasi sumber daya alam (SDA) dan meningkatkan kualitas SDM.

Benny menjelaskan, kesenjangan antara pencari kerja dan peluang bisa dikurangi dengan link and match antara dunia usaha dan para pencari kerja. Jangan salahkan para pekerja apabila ingin meningkatkan kesejahteraan. Itu hak pekerja untuk menuntut.

Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun mengatakan, makna dan peran industri di dalam negeri sangat besar untuk menyerap tenaga kerja. Semakin banyak pengolahan tumbuh, akan berpengaruh bagi tenaga kerja. “Agenda ke depan, memperkuat struktur industri di Indonesia.”

Saat ini, 70 persen industri berada di Jawa. Menyusul, 20 persen di Sumatra dan 10 persen di wilayah lainnya.

Penjelasan:

17. contoh program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja​

Jawaban:

cari lulusan yg minimal SMA

punya pengalaman banyak

mengasah kemampuan nya

meningkatkan kualitas pendidikan nya

pememfaatan media agar lebih inovatif

mengadakan seminar2

membuka kesempatan magang

semoga membantu

18. Kenapa kualitas dan tingkat produktivitas tenaga kerja di Indonesia sangat rendah

Menurut saya, kualitas dan tingakt produktivitas tenagar kerja di Indonesia sangat rendah karena mutu pendidikan yang rendah dan terjadinya suatu krisis ekonomi di Indonesia.menurut saya itu karena banyak tenaga kerja yang tidak terdidik dan terlatih

19. Besar upah bergantung pada besar produktivitas kerja buruh, artinya… a. semakin rendah tingkat produktivitas harga, upah akan terus menurun b. semakin tinggi tingkat produktivitas tenaga kerja, semakin besar upah yang diterima c. semakin tinggi tingkat produktivitas tenaga kerja, semakin besar tenaga kerja yang dibutuhkan d. semakin rendah tingkat produktivitas dan jumlah tenaga kerja, semakin besar upah yang diterima

b. semakin tinggi tingkat produktivitas tenaga kerja, semakin besar upah yg di terimab. semakin tinggi tingkat produksivitas tenaga kerja, semakin besar upah yang di terima

Video Terkait