Apa Tema Yang Digunakan Dalam Cerita Asal Mula Bunga Kemuning

  Edukasi
Apa Tema Yang Digunakan Dalam Cerita Asal Mula Bunga Kemuning

apa tema yang digunakan dalam cerita "asal mula bunga kemuning"?

1. apa tema yang digunakan dalam cerita “asal mula bunga kemuning”?

Kekeluargaan,Kerajaan dan kasih sayang tulus seorang anak kepada ayahnyakekeluargaan, kerajaan, dan cinta kasih orang tua pada anaknya

semoga membantu

2. apa tema yang di gunakan dalam cerita ” Asal Mula Bunga Kemuning “

Cerita “Asal Mula Bunga Kemuning” termasuk ke dalam jenis karya legendayang dimana biasanya diungkapkan secara turun-temurun dan tidak tahu pasti siapa pencipta aslinya. Tema dari cerita ini adalah tentang pendidikan.

Pembahasan :

Sebelum menentukan tema, tentukan terlebih dahulu apa isi dari ceritanya.

Menelaah Isi Cerita :

Cerita “Asal Mula Bunga Kemuning” berasal dari bunga yang tumbuh di bekas kuburan dari Putri Kuning yang dibunuh oleh saudara-saudaranya karena rasa iri dan dengki dari Putri Hijau. Putri Hijau menghasut saudara-saudara Putri Kuning yang dimana Putri Hijau merasa iri bahwa raja memberikan kalung hijau ke Putri Kuning.

Kesimpulan Cerita & Amanat :

Dari cerita tersebut pula dapat disimpulkan bahwa seorang ayah seharusnya dapat mengurus anaknya dan tidak terlalu fokus dengan kesibukannya sebagai seorang raja. Disisi lain, para putri juga seharusnya tahu diri dengan keadaan yang dimana ibu mereka
telah meninggal dan seharusnya tidak tumbuh menjadi anak-anak yang nakal.

Tema : Pendidikan

Hal ini didasarkan kepada kita untuk memiliki sifat seperti Putri Kuning yang dimana ia tidak malu membantu pekerjaan pelayan padahal ia seorang putri. Cerita ini juga mengajarkan kita tidak boleh iri dan dengki dengan barang yang orang lain miliki.

Detail Soal :

Kelas : IX

Mata Pelajaran : B. Indonesia

Materi : Bab 15 – Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik

Kata Kunci : Mencari Tema

Kode Kategorisasi : 9.1.15

Pelajari Lebih Lanjut : Cara Menyimpulkan Isi Bacaan https://brainly.co.id/tugas/9502886 Pengertian tema secara singkat https://brainly.co.id/tugas/9936123

#OptiTimCompetition

3. apa tema yang di gunakan dalam cerita”asal mula bunga kemuning​

Jawaban:Cerita “Asal Mula Bunga Kemuning” termasuk ke dalam jenis karya legenda yang dimana biasanya diungkapkan secara turun-temurun dan tidak tahu pasti siapa pencipta aslinya. Tema dari cerita ini adalah tentang pendidikan.

Penjelasan:#semogamembantuanda:)

#maafkalauadayangsalah:)

#jadikanlahjawabanyangterbaikyah:)

#janganlupafollowterimakasihnyah:)

4. apa tema yang digunakan dalam cerita “asal mula bunga kemuning Jawaban nya apa

Jawaban:

Kekeluargaan,kerajaan,dan kasih syng yg tulus seorang ank kepada ayahnya.

Penjelasan:

Aku Juga Udah Pernah Baca Buku Cerita Asal Mula Bunga Kemuning

Jawaban:

pendidikan

Penjelasan:

maaf kalau salah ya… sama2 🙂

5. apa tema yang di gunakan dalam cerita”asal mula bunga kemuning​

Jawaban:

Tentang Pendidikan

Penjelasan:

Semoga membantu

6. apa tema yang digunakan dalam cerita asal mula bunga kemuning?

Dahulu kala, ada seorang raja yang memiliki sepuluh orang puteri yang cantik-cantik. Sang raja dikenal sebagai raja yang bijaksana. Tetapi ia terlalu sibuk dengan kepemimpinannya, karena itu ia tidak mampu untuk mendidik anak-anaknya. Istri sang raja sudah meninggal ketika melahirkan anaknya yang bungsu, sehingga anak sang raja diasuh oleh inang pengasuh. Puteri-puteri Raja menjadi manja dan nakal. Mereka hanya suka bermain di danau. Mereka tak mau belajar dan juga tak mau membantu ayah mereka. Pertengkaran sering terjadi di antara mereka.

Kesepuluh puteri itu dinamai dengan nama-nama warna. Puteri Sulung bernama Puteri Jambon. Adik-adiknya dinamai Puteri Jingga, Puteri Nila, Puteri Hijau, Puteri Kelabu, Puteri Oranye, Puteri Merah Merona dan Puteri Kuning, Baju yang mereka pun berwarna sama dengan nama mereka. Dengan begitu, sang raja yang sudah tua dapat mengenali mereka dari jauh. Meskipun kecantikan mereka hampir sama, si bungsu Puteri Kuning sedikit berbeda, ia tak terlihat manja dan nakal. Sebaliknya ia selalu riang dan dan tersenyum ramah kepada siapapun. Ia lebih suka berpergian dengan inang pengasuh daripada dengan kakak-kakaknya.

Pada suatu hari, raja hendak pergi jauh. Ia mengumpulkan semua puteri-puterinya. “Aku hendak pergi jauh dan lama. Oleh-oleh apakah yang kalian inginkan?” tanya raja.

“Aku ingin perhiasan yang mahal,” kata Puteri Jambon.

“Aku mau kain sutra yang berkilau-kilau,” kata Puteri Jingga. 9 anak raja meminta hadiah yang mahal-mahal pada ayahanda mereka. Tetapi lain halnya dengan Puteri Kuning. Ia berpikir sejenak, lalu memegang lengan ayahnya.

“Ayah, aku hanya ingin ayah kembali dengan selamat,” katanya. Kakak-kakaknya tertawa dan mencemoohkannya.

“Anakku, sungguh baik perkataanmu. Tentu saja aku akan kembali dengan selamat dan kubawakan hadiah indah buatmu,” kata sang raja. Tak lama
kemudian, raja pun pergi.

Selama sang raja pergi, para puteri semakin nakal dan malas. Mereka sering membentak inang pengasuh dan menyuruh pelayan agar menuruti mereka. Karena sibuk menuruti permintaan para puteri yang rewel itu, pelayan tak sempat membersihkan taman istana. Puteri Kuning sangat sedih melihatnya karena taman adalah tempat kesayangan ayahnya. Tanpa ragu, Puteri Kuning mengambil sapu dan mulai membersihkan taman itu. Daun-daun kering dirontokkannya, rumput liar dicabutnya, dan dahan-dahan pohon dipangkasnya hingga rapi. Semula inang pengasuh melarangnya, namun Puteri Kuning tetap berkeras mengerjakannya. Kakak-kakak Puteri Kuning yang melihat adiknya menyapu, tertawa keras-keras. “Lihat tampaknya kita punya pelayan baru,” kata seorang diantaranya.

“Hai pelayan! Masih ada kotoran nih!” ujar seorang yang lain sambil melemparkan sampah. Taman istana yang sudah rapi, kembali acak-acakan. Puteri Kuning diam saja dan menyapu sampah-sampah itu. Kejadian tersebut terjadi berulang-ulang sampai Puteri Kuning kelelahan. Dalam hati ia bisa merasakan penderitaan para pelayan yang dipaksa mematuhi berbagai perintah kakak-kakaknya.

“Kalian ini sungguh keterlaluan. Mestinya ayah tak perlu membawakan apa-apa untuk kalian. Bisanya hanya mengganggu saja!” Kata Puteri Kuning dengan marah.

“Sudah ah, aku bosan. Kita mandi di danau saja!” ajak Puteri Nila. Mereka meninggalkan Puteri Kuning seorang diri. Begitulah yang terjadi setiap hari, sampai ayah mereka pulang. Ketika sang raja tiba di istana, kesembilan puterinya masih bermain di danau, sementara Puteri Kuning sedang merangkai bunga di teras istana. Mengetahui hal itu, raja menjadi sangat sedih.

Anakku yang rajin dan baik budi! Ayahmu tak mampu memberi apa-apa selain kalung batu hijau ini, bukannya warna kuning kesayanganmu!” kata sang raja. Raja memang sudah mencari-cari kalung batu kuning di berbagai negeri, namun benda itu tak pernah ditemukannya.

“Sudahlah Ayah, tak mengapa. Batu hijau pun cantik! Lihat, serasi benar dengan bajuku yang berwarna kuning,” kata Puteri Kuning dengan lemah lembut.

“Yang penting, ayah sudah kembali. Akan kubuatkan teh hangat unTemanya tentang moral , kesabaran juga bisa
Tapi lebih ke moral

7. apa tema yang digunakan dalam cerita asal mula bunga kemuning​

Jawaban:

kekeluargaan,kerajaan dan kasih sayang anak kepada seorang ayak

Penjelasan:

semoga membantu..

8. Apa tema yang digunakan dalam cerita “Asal Usul Bunga Kemuning” ?

Jawaban:

Asal Mula Bunga Kemuning” termasuk ke dalam jenis karya legenda yang dimana biasanya diungkapkan secara turun-temurun dan tidak tahu pasti siapa pencipta aslinya. Tema dari cerita ini adalah tentang pendidikan

Penjelasan:

Semoga membantu

9. apa tema yang digunakan dalam cerita “asal mulaBunga kemuning”?​

Jawaban:

tentang pendidikan

Penjelasan:

(Cerita “Asal Mula Bunga Kemuning” termasuk ke dalam jenis karya legenda yang dimana biasanya diungkapkan secara turun-temurun dan tidak tahu pasti siapa pencipta aslinya. Tema dari cerita ini adalah tentang pendidikan.)

10
. apa tema yang digunakan dalam cerita “asal mula bunga kemuning”?​

Jawaban:

fantasi

Penjelasan:

Jawaban:

kekeluargaan,kerajaan,dan kasih syng yng tuluss seorang ank kepada ayahnya

11. apa tema yg di gunakan dalam cerita asal mula bunga kemuning​

Penjelasan:

tentang pendidikan kak

Jawaban:

kurasa ini dari bupena ya

jawabannya

yaitu tentang kekeluargaan di dalam kerajaan,kasih sayang seorang anak pada ayahnya,dan kesabaran dan ketidak egoisan.

semoga membantu

12. apa tema yang digunakan dalam cerita asal mula Bunga kemuning

temanya adalah membaca dengan teliti atau mengenal cerita daerah atau rakyat

13. apa tema yang digunakan dalam cerita “Asal Mula Bunga Kemuning ” tolong cepatb dijawab ya mau dikumpul sekarang ^w^

Jawaban:

Kekeluargaan,kerajaan,dan kasih syng yg tulus seorang ank kepada ayahnya.

Penjelasan:

Aku Juga Udah Pernah Baca Buku Cerita Asal Mula Bunga Kemuning

14. Apa tema dari cerita asal mula bunga kemuning?

kekeluargaan,kerajaan,dan kasih sayang anak kepada ayahnya

15. apa tema yang digunakan dalam cerita asal mula bunga kemuning?

temanya tentang asal mula org yg bernama bunga kemuning yg jahat pada ibunya

16. Apa tema yang digunakan dalam cerita asal mula bunga Kemuninglatar tempat apa saja yang terdapat dalam cerita asal mula bunga Kemuning tersebut ​

semoga memvantu anda mengerjakn soal anda

17. apa tema yg digunakan dalam cerita asal mula bunga kemuning​

Jawaban:

tentang pendidikan.

Penjelasan:

oghe semoga bermanfaat!jadikan jawaban tercedas yah:>maafin klo salah! UnU

Jawaban:

Cerita asal mula bunga kemuning itu bertema cerita tentang pendidikan.Cerita ini merupakan cerita turun temurun..

semoga membantu#

18. Apa tema yang digunakan dalam cerita asal mula bunga Kemuning….. ​

Jawaban:

Cerita “Asal Mula Bunga Kemuning” termasuk ke dalam jenis karya legenda yang dimana biasanya diungkapkan secara turun-temurun dan tidak tahu pasti siapa pencipta aslinya. Tema dari cerita ini adalah tentang pendidikan.

Jawaban:

tema dari cerita ini adalah tentang pendidikan

19. apa tema yangdi gunakan dalam cerita asal mula bunga kemuning​

Jawaban:

bunga kemuning yang indaj

Penjelasan:

maaf kalo salah

Video Terkait