Analisis Data Secara Kualitatif Sama Sekali Tidak Menggunakan Data

  Edukasi
Analisis Data Secara Kualitatif Sama Sekali Tidak Menggunakan Data

sosiologi analisis data secara kualitatif sama sekali tidak menggunakan data ​

Daftar Isi

1. sosiologi analisis data secara kualitatif sama sekali tidak menggunakan data ​

Jawaban:

stastistik

Penjelasan:

maaf kalo salah

2. apabila peneliti ingin melakukan analisis data secara kualitatif, peneliti tidak perlu menggunakan …….

alat, kalau kualitatif adalah meneliti menggunakan alat indra, kalau kuantitatif meneliti menggunakan alat/bendaPenelitian pada umumnya untuk menganilis secara kuantitatif sehingga dilakukan percobaan, pengamatan langsung, penelitian, pengadaan alat penilitian primer berupa kuesioner, dan melakukan wawancara.

sehingga u penelitian kualitatif (kualitas) maka tdk perlu menggunakan alat2 diatas yaitu : percobaan, pengamatan langsung, penelitian, pengadaan alat penilitian primer berupa kuesioner, dan melakukan wawancara.

3. Jelaskan tahapan analisis data kualitatif dengan tahapan analisis data kualitatif​

Jawaban:

Teknik analisis data yang digunakan dalam analisis kualitatif memiliki empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi. Reduksi data merupakan tahap dari teknik analisis data kualitatif.

Penjelasan:

semoga membantu

4. Sebutkan dan jelaskan tahapan analisis data kualitatif

Melihat
Mengenali
Memahami
Menilai melihat
mengenali
memahami

5. pengertian analisis data kualitatif

analisis yang dilakukan berdasarkan data-data yang didapatkan

6. analisis data secara kualitatif sama sekali tidak menggunakan data… a. statistik b. observasi c. wawancara d. kuesioner e. angket

jawabannya kalau tidak salah :
a. statistik

7. Jelaskan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif​

Jawaban:

Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.

Analisis data kuantitatif adalah teknik analisis data – data yang bersifat numerik. Analisis data kuantitatif diolah secara statistik.Analisis data kualitatif adalah teknik analisis data – data yang bersifat non numerik. Analisis data kualitatif diantaranya adalah analisis konten, analisis naratif dan analisis wacana.

Penjelasan:

Penelitian geografi adalah penelitian berbagai gejala atau obyek yang terdapat di geosfer dengan menggunakan pendekatan geografi. Penelitian geografi diantaranya bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara fenomena yang terjadi di alam dengan aktivitas manusia. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan spasial, pendekatan ekologikal dan pendekatan kompleks wilayah.

Pelajari lebih lanjut tentang materi metode analisis data penelitian, pada https://brainly.co.id/tugas/22462302

#BelajarBersamaBrainly

8. pendekatan kualitatif menggunakan metode analisis data yabg disebut metode

pendekatan kualitatif dgn metode analisis data disebut metode naturalistik

9. Apa pebedaan antara analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif???

Analisis kualitatif adalah penelitian dengan memberikan penjelasan umum
tentang suatu masalah.

Analisis kuantitatif adalah metode penelitian dengan menggunakan analisis statistik
berdasarkan data angka yang dapat diukur dan dihitung

10. Sebutkan metode analisis data deskriptif kualitatif

Jawaban:

Penelitian – Penelitian deskriptif kualitatif berusaha menggambarkan suatu gejala sosial. Dengan kata lain penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sifat sesuatu yang tengah berlangsung pada saat studi. … Metode penyelidikan deskriptif tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang.

11. Sebutkan metode analisis data kualitatif

data kualitatif berdasarkan angka diliat dari sumber hari dan lama penelitian dilakukan

12. Jelaskan perbedaan analisis data kualitatif dengan analisis data kuantitatif​

Jawaban:

Data Kualitatif disajikan tanpa mengacu pada standar pengukuran baku. Sementara data kuantitatif disajikan dengan mengacu pada satuan baku tertentu. Data kualitatif adalah data yang disajikan tidak dalam bentuk angka, Sementara data kuantitatif sebaliknya, disajikan dengan menggunakan angka.

maaf kalau salah

13. Pendekatan kualitatif menggunakan metode analisis data yang disebut metode ….

penelitian yg berlandaskan filsafat positivisme

14. Penelitian kualitatif merupakan proses penelitian yang berkesinambungan, sehingga tahap pengumpulan data, pengolahan data, dan analisis data dilakukan secara …

Jawaban:

bersamaan selama proses penelitian

15. Sebutkan lalu Jelaskan tahapan analisis data kualitatif​

Jawaban:

tahapan analisis data kualitatif​

Pengumpulan data.Reduksi data (penggabungan) Proses pengkodean (pemberian nomer urut) Penarikan kesimpulan.

*╔✨✨ ═════════╗*  

➡️ Semoga membantu ⬅️*  

*╚═════════ ✔️✔️╝*

16. Apa yang dilakukan ketika kita melakukan analisis data kualitatif?

Jawaban:

Teknik analisis data kualitatif secara prinsipal dan prosedural berbeda dengan teknik analisis data kuantitatif. Proses pengumpulan data kualitatif yang umumnya menitikberatkan pada wawancara dan observasi partisipasipatoris membuat analisis datanya berupa analisis tekstual dari hasil transkrip atau catatan lapangan yang tidak terstruktur.

Baca juga: Metode Penelitian Kualitatif

Berbeda dengan riset kuantitatif yang data mentahnya seolah sudah siap dianalisis, teknik analisis data kualitatif cenderung menggunakan data yang belum siap diolah. Oleh karena itu, proses sistematis dalam pengolahan data perlu diterapkan.

Teknik analisis data kualitatif yang akan dipaparkan di sini menggunakan teknik umum yang sudah disederhanakan dari metode yang ditulis oleh pakar riset sosial Alan Bryman. Langkah demi langkah akan saya ulas secara singkat disertai contoh untuk memudahkan pemahaman.

Namun sebelum kita masuk ke wilayah teknis, perlu saya sampaikan terlebih dahulu beberapa prinsip pokok dalam analisis data kualitatif, seperti pendekatan dan operasi dasarnya. Memahami meskipun sekilas prinsip pokok tersebut penting agar penerapan langkah teknis yang dilakukan nanti tidak nyeleweng dari kaidah ilmiah.

Baca juga: Metode Ilmiah: Pengertian & Contohnya

Pendekatan dalam analisis data kualitatif

Secara umum sedikitnya ada dua pendekatan dalam analisis data kualitatif, yaitu analisis induksi dan grounded. Model grounded sering kali disamakan dengan deduktif padahal tidak selalu sama. Saya mengikuti Alan Bryman yang membedakan analisis kualitatif ke dalam dua pendekatan tersebut karena cukup mudah dicerna. Berikut ini sekilas penjelasan tentang keduanya:

Pendekatan analisis induksi

Analisis dengan pendekatan ini dimulai dari hipotesis yang sudah dipegang oleh peneliti sebelum turun lapangan. Mirip pendekatan kuantitatif sebenarnya, namun lebih bersifat terbuka pada temuan lapangan.

teknik analisis data kualitatif

Setelah turun lapangan, peneliti memeriksa apaka
h data yang diperoleh mengonfirmasi atau menyangkal hipotesisnya. Apabila data lapangan menemukan kasus yang membantah hipotesisnya, maka peneliti bergerak pada dua pilihan: mendefinisikan ulang hipotesisnya untuk mengeksklusi kasus yang menyimpang (menyangkal hipotesis) atau memformulasikan ulang hipotesis.

Mendefinisikan ulang hipotesis dan mengeksklusi temuan yang menyimpang akan membawa pada selesainya proses analisis. Sedangkan memformulasikan ulang hipotesis akan membawa pada pemeriksaan atau bahkan pengumpulan data lapangan kembali.

Sebagai contoh, penelitian yang akan dilakukan adalah tentang ’Konsumsi literatur keislaman anak muda ibu kota yang memutuskan berhijrah’. Peneliti menyusun pertanyaan penelitian untuk mengetahui jenis literatur keislaman apa yang dikonsumsi pemuda yang memilih hijrah. Hipotesis yang dikembangkan adalah anak muda ibu kota yang hijrah cenderung mengonsumsi literatur keislaman yang ditulis atau diproduksi oleh kelompok yang berkaitan dengan organisasi Islam Indonesia seperti NU dan Muhammadiyah, misalnya.

Hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa ternyata mereka yang hijrah cenderung mengonsumsi buku-buku keislaman terjemahan yang ditulis oleh ulama-ulama Timur-Tengah. Dengan demikian, data tidak mendukung hipotesisnya. Proses analisis induksi memberi kesempatan kepada peneliti untuk mendefinisikan ulang hipotesisnya atau mereformulasi hipotesisnya. Penelitian kualitatif selalu bersifat terbuka terhadap temuan lapangan, oleh karena itu, proses analisis data hampir tidak pernah berhenti di satu titik.

Berikutnya, saya akan mengulas tentang teknik analisis data kualitatif dengan pendekatan teori grounded (grounded theory). Pendekatan ini memiliki proses yang lebih panjang dan lebih umum diaplikasikan dalam banyak riset kualitatif.

Pendekatan analisis teori grounded

Analisis kualitatif dengan teori grounded telah digunakan secara luas dikalangan peneliti sosial. Definisi tentang apa itu teori grounded cukup beragam. Di sini saya tidak perlu menarasikan karena terlalu memakan tempat. Sekilas pemahaman yang bisa digunakan untuk mengikuti postingan ini menurut saya cukup dengan melihat teori grounded sebagai nihilnya hipotesis di proses awal penelitian. Sebagai catatan, bukan berarti hipotesis tidak mungkin dikembangkan.

Singkatnya, peneliti membuat pertanyaan penelitian tanpa memikirkan tentang hipotesis di kepalanya terlebih dahulu. Namun demikian, peneliti tetap melakukan kajian pustaka atau review literatur untuk mengetahui teori yang pernah diaplikasikan dalam penelitian dengan topik terkait. Pengetahuan teoritis dari studi yang sudah ada itu digunakan untuk dikembangkan dengan mengaplikasikan sampling teoritis.

17. Jelaskan kapan analisis data kuantitatif dan kualitatif paling cocok untuk digunakan dalam penelitian ​

Penjelasan:

Data kualitatif digunakan jika kamu ingin memahami suatu konsep pemikiran atau pengalaman tertentu. Sedangkan data kuantitatif digunakan ketika kamu ingin mengkonfirmasi atau menguji suatu teori atau hipotesis.

semoga membantu

18. Apabila penelitian ingin melakukan analisis data secara kualitatif, penelitian tidak perlu menggunakan… A.angket B.statistik C.observasi D.kuesioner E.wawancara

Apabila penelitian ingin melakukan analisis data secara kualitatif, penelitian tidak perlu menggunakan…

A. angket

B. statistik

C. observasi

D. kuesioner

E. wawancara

Jawaban: E. wawancara

Pembahasan  

Wawancara adlaah sebuah bentuk percakapan yang dimana dilakukan kepada dua orang atau lebih dan kemudian akan dapat berlangsung dilakukan diantara narasumber hingga kepada pewawancara. Hal ini memiliki tujuan daripada wawancara itu sendiri yang dimana untuk mendapatkan sebuah informasi yang dimana tepat dari sebuah sumber yang dimana kredibel dan dapat dipercaya. Kemudian wawancara sejatinya dilakukan dengan cara melakukan penyampaian terhadap sejumlah pertanyaan dari pewawancara kepada narasumber yang digunakan dengan dilakkukan wawancara, maka sumber yang didapatkan akan menjadi lebih kuat daripada sumber lainnya dikarenakan peneliti akan langsung melakukan komunikasi dengan orang yang berpengaruh.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang  Bagaimana peneliti menghasilkan penelitian yang berkualitas? https://brainly.co.id/tugas/6477556

2. Materi tentang  Data penelitian dapat diperoleh melalui informasi dari responden penelitian, dengan demikian peran responden dalam penelitian adalah https://brainly.co.id/tugas/13436609

—————————–

 

Detil jawaban

Kelas:  10

Mapel:  Geografi

Bab:  Bab 2 – Langkah-Langkah Penelitian Geografi

Kode:  10.8.2

Kata Kunci:  Penelitian, Wawancara, Sumber

19. Apa pebedaan antara analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif

Perbedaan antara data kualitatif dan data kuantitatif
-Data kualitatif
data yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata/bukan dalam bentuk angka. Data ini biasanya menjelaskan karakteristik/sifat. Sebagai contoh: kondisi barang (jelek, sedang, bagus), pekerjaan (petani, pengusaha, pedagang), tingkat kepuasan (tidak puas, puas, sangat puas) dan lainnya. Data kualitatif terdiri dari data nominal dan ordinal.
-Data kuantitatif
data yang dinyatakan dalam bentuk angka. Merupakan hasil dari perhitungan dan pengukuran. Sebagai contoh: tinggi badan, umur, jumlah benda, dan penghasilan seseorang. dan lainnya. data kuantitatif terdiri dari data interval dan rasio.

Semoga menbantu…

Video Terkait