10 Tanaman Yang Tumbuh Subur Di Daerah Asal

  Edukasi
10 Tanaman Yang Tumbuh Subur Di Daerah Asal

10 tanaman yang tumbuh subur di daerah asal

1. 10 tanaman yang tumbuh subur di daerah asal

Jawaban:

pegunungan atau dataran rendah

2. Sebutkan 10 asal daerah tanaman yang tumbuh subur.

bunta, balingara, sabo, uetoli, bantuga, borone, mantangisi, tanjungrone, uebone

Penjelasan:

tanah merahnya melimpah

3. Tabel tanaman yang tumbuh subur di daerah asal 10

Tanaman dan daerah tumbuhnya, sebagai berikut:

1.  Tanaman: Mangga Gedong Gincu

Daerah tumbuh: Jawa Barat

Penjelasan

Mangga gedong gincu adalah mangga yang termasuk varietas baru. Mangga ini memiliki bentuk yang berbeda dengan mengga pada umumnya yaitu cenderung meiliki bentuk bulat. Mangga ini dapat dikonsumsi dengan di buat minuman jus, rujak buah dan sebagainya.

2. Tanaman: Jeruk

Daerah tumbuh: Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat.

Penjelasan

Jeruk adalah komoditas yang sangat banyak tunbuh di Indonesia. Tanaman jeruk biasanya tumbuh di daerah pegunungan karean memiliki jenis iklik yang sejuk, cocok untuk pertumbuhan tanaman jeruk.

3. Tanaman: Salak Pondoh

Daerah tumbuh: Daerah Istimewa Yogyakarta

Penjelasan

Salak pondoh pada dasarnya dapat tumbuh subur dan berproduksi optimal di daerah dataran rendah sampai ketinggian 400 m di atas permukaan laut. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan daerah yang memiliki pegunungan di dalamnya. Tanaman salak hidup sebagai tanaman tumpang sari, karena salah dapt tumbuh berdampingan dengan tumbuhan yang lain.

4. Tanaman: Cengkeh

Daerah tumbuh: Sulawesi Selatan

Penjelasan

Perkebunan Sulawesi Selatan adalah daerah komoditas cengkeh yang sangat memegang pernanan penting dalam pembangunan sektor perkebunanan dan perekonomian di Sulawesi Selatan. Beberapa kabupaten sentra penghasil cengkeh, yaitu Kabupaten Luwu, Bulukumba, Sinjai, Wajo, Bone, Enrekang, dan Tator.

5. Tanaman: Kelengkeng

Daerah tumbuh: Jawa Tengah

Penjelasan

Kelengkeng atau lengkeng adalah yang memiliki manfaat sebagai  

6. Tanaman: Damar

Daerah tumbuh: Papua

Penjelasan:  

Tana
man ini tingginya bisa mencapai 60 meter dan berdiameter sampai 2 meter. Bagian damar yang biasanya digunakan adalah getahnya yang menjadi bahan baku beberapa industri.

7. Tanaman: Durian

Daerah tumbuh: Kalimantan

Penjelasan:  

Pada pulau Kalimantan berbagai macam buah durian ditemukan ditemukan. Walaupun di daerah luar Kalimantan banyak juga terdapat pohon durian, tapi tidak semelimpah banyaknya di pulau Kalimantan.

8. Tanaman: Kantong semar

Daerah tumbuh: Sumatera dan Kalimantan

Penjelasan:  

Tumbuhan jantong semar ini biasanya hidup dengan menjadi benalu dan memanjat tanaman lainnya. Tinggi dari tumbuha ini bisa mencapai 15-20 meter. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan karnivora, dimana diujung kantongny ada sulur sebagai perangkap serangga dan binatang kecil kayak kodok, pacet, dan serangga lainnya.  

9. Tanaman: Kopi Gayo

Daerah tumbuh: Aceh

Penjelasan

Kopi yang berasal dari Aceh ini memiliki beberapa ciri khas tersendiri, diantaranya adalah ia memiliki tingkat kekentalan yang lebih ringan, dan juga memiliki tingkat keasaman yang seimbang.  

10. Tanaman: Tembakau

Daerah tumbuh: Boloyalai dan Klaten Jawa Tengah

Penjelasan

Tembakau adalah tanaman yang digunakan untuk bahan dasar pembuatan rokok. Dengan pengolahan yang baik dan benar akan menghasilkan tembakau yang memiliki kualitas baik.

Pembahasan

Tanaman adalah tumbuhan dapat mengubah sinar matahari menjadi energi melalui proses fotosintesis. Indonesia adalah negara yang memiliki tanah yang subur dan cocok untuk tumbuh banyak jenis tumbuh-tumbuhan.  

Tumbuhan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Tumbuhan merupakan organisme multiseluler, bersifat eukariotik yaitu memiliki membran inti. Memiliki klorofil dan memiliki kemampuan fotosintesis . Bersifat autotrof artinya dapat menghasilkan makanan sendiri . Dinding sel tersusun dari selulosa . Kelebihan karbohidrat disimpan dalam bentuk amilum . Dapat berkembangbiak baik secara seksual, aseksual, dan dengan spora seperti paku dan lumut, dan ada juga yang berkembangbiak dengan biji. Bersifat stasioner atau tidak dapat bergerak.

Struktur pada tumbuhan, sebagai berikut:

Akar, merupakan bagian pada tumbuhan yang memiliki fungsi seperti menyerap air dan zat hara serta cadangan makanan. Batang, merupakan bagian pada tumbuhan yang digunakan untuk menopang daun, buah, cabang tunas dan bunga. Selain itu batang tamanam juga digunakan untuk rute pangangkutan air dan zat hara dari dalam akar menuju ke daun. Daun, merupakan bagian pada tumbuhan yang digunakan untuk tempat melakukan proses fotosintesis. Selain itu juga sebagai tempat tumbuhan bernafas. Bunga, merupakan bagian tumbuahn yang terdiri dari 4 bagian utama, yaitu Putih, benang sari, mahkota bunga, dan kelopak bunga. Buah, merupakan bagian tumbuhan yang dapat diambil manfaatnya. Biji, merupakan bagian tumbuhan yang digunakan sebagai alat reproduksi tumbuhan. Pelajari lebih lanjut

materi tentang tumbuhan dan tempat tumbuhnya brainly.co.id/tugas/21223638

—————————————————— Detail jawaban

Kelas: 10 – SMA

Mapel: Biologi

Bab: Plantae (Tumbuhan)

Kode: 10.4.7

Kata kunci: Tanaman dan daerah tumbuhnya.

AJ.

4. Sebutkan 10 asal daerah dan tumbuhan nya yang tumbuh subur

Sebutkan 10 asal daerah dan tumbuhan nya yang tumbuh subur!

Papua — Pohon sagu, buah merah Sumatra Barat — Tanaman padi Jawa Tengah — Pohon  Jati Jawa Barat — Tanaman tebu Bali — Tanaman kecemcem Sumatera Selatan — Pohon duku Kalimantan Timur — Pohon ulin Kalimantan Barat — Pohon rotan Maluku — Pohon cengkeh Nusa Tenggara Timur — Pohon gaharu

Pembahasan

kekayaan daerah adalah suatu kepadatan baik jumlah warganya,ras,agama suku,agama,maupun budaya dalam suatu wilayah.

Dayu bercerita tentang banyak hal. Tidak hanya bercerita tentang kondisi pengungsi. Komang juga bercerita keadaan kebun dan ladang petani.

Cuaca panas akibat vulkanik membuat kebun dan ladang mulai rusak. Abu vulkanik ini berasal dari letusan gunung. Abu vulkanik membuat tanaman tidak bisa hidup.

Berikut adalah tumbuhan yang tumbuh di masing – masing daerah di Indonesia.

Papua — Pohon sagu, buah merah Sumatra Barat — Tanaman padi Jawa Tengah — Pohon  Jati Jawa Barat — Tanaman tebu Bali — Tanaman kecemcem Sumatera Selatan — Pohon duku Kalimantan Timur — Pohon ulin Kalimantan Barat — Pohon rotan Maluku — Pohon cengkeh Nusa Tenggara Timur — Pohon gaharu

Pelajari lebih lanjut Materi tentang kekayaan daerah https://brainly.co.id/tugas/46365730 Materi tentang pengelolaan kekayaan daerah https://brainly.co.id/tugas/37907898 Materi tentang kekayaan di daerah masing – masing https://brainly.co.id/tugas/46365730

———————————-

Detil jawaban  

Kelas: SD

Mapel: Tematik

Bab: Kekayaan daerah  

Kode: –

#TingkatkanPrestasimu

5. Tanaman yang tumbuh subur di daerah asal

Jawaban:

Indonesia provinsi banten

yg tanahnya bagus, kayak misalnya di Banten

6. tanaman yg tumbuh subur didaerah asal kalimantan

Jawaban:

Tanaman: Durian

Daerah asal: Kalimantan

Penjelasan:  

Pada pulau Kalimantan berbagai macam buah durian ditemukan ditemukan. Walaupun di daerah luar Kalimantan banyak juga terdapat pohon durian, tapi tidak semelimpah banyaknya di pulau Kalimantan.

~~~SEMOGA MEMBANTU~~~

7. Sebutkan tanaman yang tumbuh subur di daerah asalnya

sayuran seperti kentang ,wortel ,kubis di dataran tinggi.semiga membantu

8. tanaman yg tumbuh subur di daerah asal sbtkn 10 macam

mangga , rambutan , jambu , srikaya , jeruk, cabe , mapel , sawo , yg lain gatau

9. 10 asal daerah dan tanaman yg subur d daerahnya

Jawaban :

10 asal daerah dan tanaman yang subur di daerah Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Agave (Sisal)

Agave merupakan tanaman hias yang memiliki daun berwarna hijau yang bercapur dengan alur yang menyerupai sisik atau pita. Daerah penghasil agave adalah sebagai berikut:

1. Bukit Tinggi.

2. Deli Serdang

3.  Kediri

4.  Malang

5. Minahasa

6. Mojokerto

7. Pontianak

2. Avokad

Avokad merupakan buah yang memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi manusia. Daerah penghasil avokad adalah di Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Sumatera Barat.

3. Bawang

Bawang merupakan sayuran pokok yang digunakan sebagai bahan baku untuk membuat bumbu masak. Daerah penghasil bawang putih adalah Kalimantan Barat adn Kalimantan Selatan.

4. Beras

Beras merupakan makanan pokok orang Indonesia. Daerah penghasil beras hampir terdapat di seluruh Indonesia mengingat kebutuhan beras yang sangat tinggi. Daerah mayoritas penghasil beras adalah Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Sumatera.

5. Buncis

Buncis merupakan tanaman yang berasal dari Amerika, sedangkan Buncis tipe tegak atau kacang jogo merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko. Daerah penghasil Buncis adalah Jambi, Bengkulu, Jawa Barat dan Lampung.

6. Cengkeh

Cengkeh m
erupakan rempah-rempah yang paling diburu oleh Belanda pada masa penjajahan. Daerah penghasil Cengkeh adalah Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Maluku, NTT, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan dan DI Yogyakarta.

7. Coklat

Coklat merupakan tanaman buah yang berupa pohon yang diolah dari buah Kakao. Daerah penghasil coklat terdapat di Kalimantan timur, Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung, Maluku, NTT, Papua, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara dan DI Yogyakarta.

8. Durian

Durian berasal dari Malaysia. Durian berasal dari kata duri dan imbuhan -an dikarenakan buah ini memiliki duri. Daerah penghasil durian terdapat di Kalimantan Timur, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

9. Jagung

jagung merupakan pengganti karbohidrat dari beras. Jagung juga merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi rakyat Indonesia. Daerah  penghasil jagung adalah Aceh, Bali, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa timur, Kalimantan Barat, Lampung, NTB, Papua, Riau, Sulawesi Tengah dan Sumatera Utara.

10. Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan tanaman yang berasal dari India. Kacang hijau sendiri memiliki beragam kuliner seperti bubur kacang hijau, kolak, dan lain-lain. Kecambahnya dapat digunakan sebagai sayur atau pelengkap  masakan yang kaya akan nutrisi. Daerah penghasil Kacang hijau terdapat di Bali, Bengkulu, Lampung dan Papua.

Semoga bermanfaat ya.  

Kelas : –

Kategori : –

Kata Kunci : –

Kode kategori berdasarkan KTSP : –

10. sepuluh tanaman yang tumbuh subur dari daerah asal​

Jawab:

Seluruh daerah asal tanahnya subur

Penjelasan dengan langkah-langkah:yang pasti kalo tanah subur semua tanaman akan tumbuhsubur di daerah itu

11. Tanaman yg tumbuh subur di daerah asal

Jawaban:

pegunungan

maaf y kalau salah

12. to bcl tanaman yang tumbuh SUBURdi daerah asalasal Daerahtanaman yangtumbuh SUBURJERUK​

Jawaban:

Daerah tumbuh: Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat. Jeruk adalah komoditas yang sangat banyak tunbuh di Indonesia. Tanaman jeruk biasanya tumbuh di daerah pegunungan karean memiliki jenis iklik yang sejuk, cocok untuk pertumbuhan tanaman jeruk.

Penjelasan:

Maaf Kalo Salah:)

13. Tabel tanaman yg tumbuh subur di daerah asal

Kalimantan .kalo nggak salah

14. Sebutkan 8 asal daerah dan tanaman yang tumbuh subur!

-Bangka Belitung = Sahang

-sumatra = Karet

-Kalimantan = Sawit

15. sebutkan tanaman yang tumbuh subur di daerah asal indonesia!​

Jawaban:

Padi , cengkeh , kelengkeng , jeruk , duku , salak pondoh , kayu manis , tebu , tembakau , damar , durian.

Penjelasan:

MAAF KALO SALAH DAN SEMOGA MEMBANTU

16. tanaman tumbuh subur di daerah asal​

Jawaban:

1.       Damar (Kopal Keruling/ Agathis Labillardien)

Tanaman ini berasal dari Papua dan salah satu pohon yang bernilai ekonomi tinggi. Tanaman ini tingginya bisa mencapai 60 meter dan berdiameter sampai 2 meter. Bagian damar yang biasanya digunakan adalah getahnya yang menjadi bahan baku beberapa industry

2.       Durian (Durio Zibethinus)

Pusat pohon durian berada di pulau Kalimantan. Karena pada pulau Kalimantan sajalah berbagai macam buah durian dapat ditemukan. Walaupun didaerah luar Kalimantan banyak juga terdapat pohon durian, tapi tetap saja tidak semelimpah banyaknya di pulau Kalimantan.

3.       Enau  (Arenga Pinnata)

Dikenal juga dengan pohon aren. Tanaman ini adalah tanaman serba guna. Dengan tinggi yang dapat mencapai 20 an meter dan berdiameter hampir 50 centimeter, tanaman ini adalah tanaman yang serba guna. Pelepah daun tanaman ini bisa digunakan sebagai ijuk. Dan hasil hasil utama yang diambil dari tanamanan ini adalah gula nya. Karena tanaman ini adalah tanaman penghasil gula.

4.  Cengkeh (Syzygium aromaticum)

Biasa digunakan sebagai bumbu makanan pedas oleh masyarakat eropa. Sedangkan di Indonesia sendiri biasa digunakan untuk rokok kretek. Cengkeh tumbuh subur di daerah Maluku. Yaitu Tidore, Makian, Bacan, dan Moti

5.Sirih

Tanaman asli provinsi kepulauan Riau ini tumbuh dengan cara merambat di tanaman lainnya. Sirih merupakan tanaman asli khas Indonesia yang banyak sekali manfaatnya. Sirih biasanya juga dikunyah bersama gambir, pinang, dan kapur untuk memperkuat gigi dan supaya terhindar dari penyakit kanker mulut.

17. Tabel Tanaman yang tumbuh subur di daerah asal

N.A.D:Cempaka kuning
Sumut:Aghatis
Sumbar:KayuManis
Riau:Sapu Tangan
jambi:pinang merah
bangka belitung:puspa
Jatim:Nyamplung
bengkulu:Waru
Sumsel:Duku
Jateng:Kepel

Nama Tanaman dan Daerah Asalnya

1.  

Tanaman: Cengkeh

Daerah asal: Sulawesi Selatan

Penjelasan

Perkebunan Sulawesi Selatan adalah daerah komoditas cengkeh yang sangat memegang pernanan penting dalam pembangunan sektor perkebunanan dan perekonomian di Sulawesi Selatan. Beberapa kabupaten sentra penghasil cengkeh, yaitu Kabupaten Luwu, Bulukumba, Sinjai, Wajo, Bone, Enrekang, dan Tator.

2.

Tanaman: Jeruk

Daerah asal: Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat.

Penjelasan

Jeruk adalah komoditas yang sangat banyak tunbuh di Indonesia. Tanaman jeruk biasanya tumbuh di daerah pegunungan karean memiliki jenis iklik yang sejuk, cocok untuk pertumbuhan tanaman jeruk.

3.

Tanaman: Salak Pondoh

Daerah asal: Daerah Istimewa Yogyakarta

Penjelasan

Salak pondoh pada dasarnya dapat tumbuh subur dan berproduksi optimal di daerah dataran rendah sampai ketinggian 400 m di atas permukaan laut. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan daerah yang memiliki pegunungan di dalamnya. Tanaman salak hidup sebagai tanaman tumpang sari, karena salah dapt tumbuh berdampingan dengan tumbuhan yang lain.

4.

Tanaman: Kina

Daerah asal: Jawa Barat

Penjelasan

Kina adalah tanaman obat yang banyak memiliki banyak manfaat. Tumbuhan kina dapat digunakan untuk mengobati penyakit malaria, meredakan gangguan pencernaan, meredakan influenza, menyehatkan jantung, mengobati kanker dan sebagainya.

5.

Tanaman: Kelengkeng

Daerah asal: Jawa Tengah

Penjelasan

Kelengkeng atau lengkeng adalah yang memiliki manfaat sebagai makanan dan juga sebagai minuman yang menyegarkan. Selain itu biji kelengkeng pun juga digunakan sebagai obat. Tanaman ini adalah tanaman yang tumbuh subur di daerah Semarang , Jawa Tengah.

Pembahasan

Tanaman adalah tumbuhan dapat mengubah sinar matahari menjadi energi melalui proses fotosintesis. Indonesia adalah negara yang memiliki tanah yang subur dan cocok untuk tumbuh banyak jenis tumbuh-tumbuhan.  

Tumbuhan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Tumbuhan merupakan organisme multiseluler, bersifat eukariotik yaitu memiliki membran inti.Memiliki klorofil dan memiliki kemampuan fotosintesis .Bersifat autotrof artinya dapat menghasilkan makanan sendiri .Dinding sel tersusun dari selulosa .Kelebihan karbohidrat disimpan dalam bentuk amilum .Dapat berkembangbiak baik secara seksual, aseksual, dan dengan spora seperti paku dan lumut, dan ada juga yang berkembangbiak dengan biji. Bersifat stasioner atau tidak dapat bergerak.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang tanaman dan daerah tumnbuhnya brainly.co.id/tugas/21133681

—————————————————— Detail jawaban

Kelas: 10 – SMA

Mapel: Biologi

Bab: Plantae (Tanaman)

Kode: 10.4.7

Kata kunci: Tanaman, ciri-ciri tanaman.

AJ.

18. Tanaman yang tumbuh subur asal daerah

Jawaban:

Tanaman dan daerah tumbuhnya, sebagai berikut:

1.  Tanaman: Mangga Gedong Gincu

Daerah tumbuh: Jawa Barat

Penjelasan

Mangga gedong gincu adalah mangga yang termasuk varietas baru. Mangga ini memiliki bentuk yang berbeda dengan mengga pada umumnya yaitu cenderung meiliki bentuk bulat. Mangga ini dapat dikonsumsi dengan di buat minuman jus, rujak buah dan sebagainya.

2. Tanaman: Jeruk

Daerah tumbuh: Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat.

Penjelasan

Jeruk adalah komoditas yang sangat banyak tunbuh di Indonesia. Tanaman jeruk biasanya tumbuh di daerah pegunungan karean memiliki jenis iklik yang sejuk, cocok untuk pertumbuhan tanaman jeruk.

3. Tanaman: Salak Pondoh

Daerah tumbuh: Daerah Istimewa Yogyakarta

Penjelasan

Salak pondoh pada dasarnya dapat tumbuh subur dan berproduksi optimal di daerah dataran rendah sampai ketinggian 400 m di atas permukaan laut. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan daerah yang memiliki pegunungan di dalamnya. Tanaman salak hidup sebagai tanaman tumpang sari, karena salah dapt tumbuh berdampingan dengan tumbuhan yang lain.

4. Tanaman: Cengkeh

Daerah tumbuh: Sulawesi Selatan

Penjelasan

Perkebunan Sulawesi Selatan adalah daerah komoditas cengkeh yang sangat memegang pernanan penting dalam pembangunan sektor perkebunanan dan perekonomian di Sulawesi Selatan. Beberapa kabupaten sentra penghasil cengkeh, yaitu Kabupaten Luwu, Bulukumba, Sinjai, Wajo, Bone, Enrekang, dan Tator.

5. Tanaman: Kelengkeng

Daerah tumbuh: Jawa Tengah

Penjelasan

Kelengkeng atau lengkeng adalah yang memiliki manfaat sebagai  

6. Tanaman: Damar

Daerah tumbuh: Papua

Penjelasan:  

Tanaman ini tingginya bisa mencapai 60 meter dan berdiameter sampai 2 meter. Bagian damar yang biasanya digunakan adalah getahnya yang menjadi bahan baku beberapa industri.

7. Tanaman: Durian

Daerah tumbuh: Kalimantan

Penjelasan:  

Pada pulau Kalimantan berbagai macam buah durian ditemukan ditemukan. Walaupun di daerah luar Kalimantan banyak juga terdapat pohon durian, tapi tidak semelimpah banyaknya di pulau Kalimantan.

8. Tanaman: Kantong semar

Daerah tumbuh: Sumatera dan Kalimantan

Penjelasan:  

Tumbuhan jantong semar ini biasanya hidup dengan menjadi benalu dan memanjat tanaman lainnya. Tinggi dari tumbuha ini bisa mencapai 15-20 meter. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan karnivora, dimana diujung kantongny ada sulur sebagai perangkap serangga dan binatang kecil kayak kodok, pacet, dan serangga lainnya.  

9. Tanaman: Kopi Gayo

Daerah tumbuh: Aceh

Penjelasan

Kopi yang berasal dari Aceh ini memiliki beberapa ciri khas tersendiri, diantaranya adalah ia memiliki tingkat kekentalan yang lebih ringan, dan juga memiliki tingkat keasaman yang seimbang.  

10. Tanaman: Tembakau

Daerah tumbuh: Boloyalai dan Klaten Jawa Tengah

Penjelasan

Tembakau adalah tanaman yang digunakan untuk bahan dasar pembuatan rokok. Dengan pengolahan yang baik dan benar akan menghasilkan tembakau yang memiliki kualitas baik.

Penjelasan:

19. 10 daerah yang tanamannya tumbuh subur

Jawaban:

kalimantan sulawesi sumatra

Video Terkait